Efek Mengerikan Jika Terlalu Banyak Konsumsi Wortel

Floria Zulvi13 Jan 2016, 18:28 WIB
Efek Mengerikan Jika Terlalu Banyak Konsumsi Wortel

Fimela.com, Jakarta Tidak bisa dipungkiri bahwa sayuran memang memiliki sejuta manfaat untuk tubuh. Tak terkecuali wortel. Makanan yang juga disukai oleh kelinci ini dipercaya sanggup untuk mengatasi masalah pada mata.

Kandungan karotenoid yang ada pada wortel berfungsi sebagai antioksidan diyakini mampu untuk mencegah kanker payudara yang biasa terjadi pasca menopause. Tak sampai di sana, umbi-umbian ini pun juga bisa menjaga kesehatan paru-paru. Sistem pernafasan kita bisa terlindungi dari polusi, asap rokok dan radikal bebas.

Namun, walau memiliki segudang faedah, mengonsumsi wortel secara berlebihan bisa berbaya bagi tubuh. Dilansir dari, Genius Beauty terlalu sering minum jus wortel bisa menimbulkan efek buruk, yakni keracunan makanan.

Tak sampai di sana, makanan ini pun terlarang bagi para penderita penyakit kronis tertentu. Contohnya bagi penderita diabetes, mereka dilarang untuk minum lebih dari satu gelas dalam seminggu karena kandungan gula yang dimiliki. Pengidap gangguan pankreas pun dilarang untuk mengonsumsi umbi berwarna orange ini.

Bila terlalu sering dikonsumsi, wortel bisa menyebabkan sakit kepala yang disertai badan lemas. Sedangkan dalam beberapa kasus, minum jus wortel secara berlebihan bisa menyebabkan mual dan kemudian muntah. Tak hanya penyakit dalam, ternyata mengonsumsi wortel juga bisa membuat warna kulitmu berbubah menjadi orange! Hal tersebut dikarenakan kandungan betakarotennya yang terlalu tinggi.