Sukses

Lifestyle

5 Langkah Simpel untuk Bersihkan Kulkas Secara Berkala

Fimela.com, Jakarta Di zaman barang elekronik mengalami perkembangan pesat seperti sekarang membuat kulkas alias lemari es bukan lagi hal asing untuk dimiliki. Hampir setiap rumah nampaknya memiliki kubus pendingin yang satu ini. Mulai dari pintu hingga pintu yang lebih dari itu. Mungkin, kamu salah satu orang yang memiliki benda ini.

Udara dingin yang dikeluarkan dari kulkas, selain membuat makanan dan minuman jadi dingin dan beku juga bisa memberi kesegaran bagi sayuran yang disimpan di dalamnya. Dari sekian banyak bahan makanan dan minuman yang dimasukkan ke sana, terkadang membuat kulkas berbau tak sedap. Untuk itu, pemiliknya dianjurkan untuk membersihkannya secara berkala. Sebulan sekali, misalnya. Memang agak repot, namun mungkin akan lebih sederhana dengan lima langkah berikut ini. Cekidot!

Cabut aliran listrik pada kulkas. Jangan sekali-kali membersihkan kulkas secara keseluruhan tanpa mencabut aliran listrik. Hal ini dapat membahayakanmu. Jika freezer dipenuhi dengan bunga es, ada baiknya untuk ditunggu sampai mencair lalu dikuras. Gunakan waktu pencairan untuk mulai mengeluarkan isinya. Termasuk nampan yang tersusun rapi di sana. Mulai untuk memilah makanan dan minuman mana yang sebaiknya dibuang.

Cabut aliran listrik pada kulkas. (Via: anandaleeke.com)

Semprot dengan pembersih. Isi botol semprot kosong dengan 135 mililiter cuka atau lemon dan larutan air. Semprot kulkas bagian dalam. Biarkan selama 3 sampai 5 menit. Sementara itu, mencuci nampan, rak, botol-botol dengan sabun dan air. Bilas sampai bersih, biarkan hingga kering.

Semprot dengan pembersih. (Via: wisegeek.com)

Bersihkan bagian dalam. Lap interior dengan kain basah yang lembut, hilangkan setiap puing-puing, kotoran, atau sisa-sisa makanan. Untuk noda membandel, tuangkan sedikit cuka pada noda dan biarkan selama beberapa menit. Kamu bisa menggunakan sikat gigi bekas dengan bulu lembut untuk menggosok noda yang membandel.

Bersihkan bagian dalam. (Via: grime-scrubbers.com)

Hilangkan bau. Selesai dengan membersihkan seluruh interior dengan kain bersih, tempatkan rak bersih dan nampan kembali ke dalam kulkas. Untuk tetap bersih dan segar, tinggalkan secangkir baking soda untuk menyerap bau di dalam lemari es.

Hilangkan bau. (Via: thisoldhouse.com)

Bersihkan badan kulkas. Periksa kembali mesin yang terletak di bagian belakang. Jika itu kotor, gunakan vacuum cleaner untuk membersihkannya. Kumparan yang nggak diurus dengan baik bisa membuat kulkas bekerja lebih keras dan meningkatkan tagihan listrik.

Bersihkan bagian luar kulkas. (Via: laurascraftylife.com)

Itulah lima langkah simpel untuk membersihkan kulkas di rumah. Jangan sampai absen untuk membersihkannya, ya! Sebab, kulkas yang kotor bisa menyebabkan berkembangnya bakteri lebih ganas pada bahan makanan dan minuman yang tersimpan di sana. Keep clean!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading