Sukses

Lifestyle

3 Kesalahan Finansial Saat Membangun Bisnis Kecil

Fimela.com, Jakarta Memiliki bisnis kecil bukan berarti tak bisa mendapatkan keuntungan yang banyak. Tapi pada kenyataannya, banyak bisnis kecil yang justru kehilangan uang dalam jumlah yang cukup besar. Menurut Entrepreneur, hal ini terjadi karena kesalahan finansial yang mereka lakukan. 

Sebuah penelitian yang dilakukan FreeAgent dan YouGov tahun 2015 menunjukkan, 21% pemilik bisnis kecil mengaku mendapatkan uang kurang dari setengah pengeluaran bisnis mereka. Hal ini tentu saja sangat mengkhawatirkan. Agar kamu tidak ikut melakukan kesalahan yang sama, sebaiknya simak bahasan di bawah ini. 

Terlalu banyak bayar pajak. Setiap bisnis, baik kecil maupun besar wajib membayar pajak. Tapi, sebagian pemilik bisnis terlalu besar membayar pajak. Sehingga, uang yang mereka dapatkan menjadi sedikit. Karena itu, kamu harus pintar-pintar mengatur keuangan. Periksa setiap tagihan dan kwitansi. 

Terlalu banyak 'belanja.' Ketika bisnismu baru saja dimulai, jangan terlalu gembira hingga membeli berbagai peralatan yang tak terlalu kamu butuhkan. Misalnya, membeli meja kerja yang mahal dan menghiasnya menjadi lebih cantik. Atau membeli mesin penyeduh kopi untuk para staffmu. Mungkin kamu akan dianggap bos yang loyal. Tapi uang perusahaan bakal jadi tambah sedikit. 

Salah langkah saat berinvestasi. Ketika kamu mencari informasi bagaimana caranya berinvestasi, mungkin kamu akan menemukan banyak orang yang memberikan masukan untuk berinvestasi di berbeagai tempat yang berbeda. Tapi, ini hanya berlaku kalau kamu memang sudah benar-benar siap. Sebelum itu, lebih baik kamu berinvetasi pada dirimu atau perusahaanmu sendiri. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading