Sukses

Lifestyle

8 Cara Menabung Bersama untuk Membeli Rumah Pertama

Fimela.com, Jakarta Beberapa pasangan di Indonesia ada yang sudah menempati rumah mereka sendiri setelah menikah, tapi sebagiannya lagi masih menetap di rumah orang tua atau rumah mertua. Kalau baru menikah dan belum punya anak mungkin masih enak ya tinggal di rumah mertua, tapi bagaimana kalau kamu sudah punya anak?

Ketika kamu sudah memutuskan menikah, maka sungguhlah bijak jika kamu memulai hidup mandiri dengan pasanganmu. Jadi, jangan ditunda-tunda lagi, mulai sekarang ajak si dia menabung. Nah, buat kamu yang ingin berhenti tinggal di rumah mertua, berikut tips mengumpulkan uang untuk membeli rumah pertama.

1. Kamu harus menjaga kekompakan. Sebelum membuka tabungan bersama untuk membeli rumah, maka satu hal yang kamu dan pasanganmu harus lakukan adalah menetapkan tujuan bersama. Diskusikan dengan pasanganmu soal besarnya jumlah uang yang disisihkan untuk menabung. Kalau sudah ditentukan, maka kalian harus kompak untuk tetap menjalankan rencana yang sudah dibuat.

Menabung Bersama untuk Membeli Rumah Pertama. (Foto: davidbelich.com)

2. Cari target rumah yang akan kamu beli. Meskipun belum tentu rumah yang kalian pilih ini adalah rumah yang akan kalian beli nanti, tapi paling tidak kamu bisa membuat kisaran harga rumah, supaya mendapatkan bayangan berapa dana yang harus dikumpulkan. Coba tentukan lokasi dan tipe rumah yang akan kamu beli. Ingat, setiap tahunnya harga tanah ataupun rumah semain naik.

Menabung Bersama untuk Membeli Rumah Pertama. (Foto: benchmark.us)

3. Mulai menyisihkan dana. Besarnya uang yang ditabung bisa kalian tentukan berdua. Paling tidak sisihkan uang untuk menabung sebanyak 15 persen atau 20 persen dari gaji kamu. Nggak susah donk kalaumenyisihkan hanya 15 persen?

Menabung Bersama untuk Membeli Rumah Pertama. (Foto: usnews.com)

4. Pikirkan soal dana tambahan. Rumah yang kamu beli pastinya masih kosong, kan? Jadi, selain mengumpulkan uang untuk membeli rumah kamu juga harus persiapkan dana tambahan untuk membeli perabotan rumah tangga.

Menabung Bersama untuk Membeli Rumah Pertama. (Foto: usnews.com)

5. Kurangi dana untuk bersenang-senang. Kalian berdua harus sama-sama fokus dan bisa mempertahankan diri dari berbagai godaan yang ada di luar sana. Ya, karena fokus menabung kamu harus ikhlas jatah bersenang-senangnya berkurang. Mungkin yang tadinya nonton seminggu sekali, bisa kamu ubah menjadi sebulan sekali.

Menabung Bersama untuk Membeli Rumah Pertama. (Foto: mardellirealestate.com)

6. Beli barang-barang yang sedang memberikan diskon. Supaya anggaran belanja bulanan kamu nggak mengganggu tabungan untuk membeli rumah, maka kamu bisa mengatasinya dengan membeli barang-barang yang lagi diskon. Jangan lupa untuk hidup irit!

Menabung Bersama untuk Membeli Rumah Pertama. (Foto: blog.ng.jovago.com)

7. Pilih menu makanan yang sederhana. Jika biasanya kamu makan di restoran yang mewah, maka saat sedang menabung kamu bisa membawa makanan dari rumah saja. Selain lebih menghemat, tentunya makanan rumah pun lebih sehat.

Menabung Bersama untuk Membeli Rumah Pertama. (Foto: static1.squarespace.com)

8. Manfaatkan angkutan umum. Supaya lebih irit, untuk pergi ke kantor kamu bisa nih manfaatkan moda transportasi yang ada. Cobalah bersabar supaya tabunganmu untuk membeli rumah bisa cepat terkumpul.

Menabung Bersama untuk Membeli Rumah Pertama. (Foto: netmagmedia.co.uk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading