Sukses

Lifestyle

Kota Terbersih di Dunia Ini Dipimpin Walikota Muslim

Fimela.com, Jakarta Kota manakah yang terpilih sebagai kota paling bersih di dunia? Jawabannya adalah Calgary yang terletak di propinsi Alberta di negara Kanada. Kota ini memiliki tingkat kebersihan yang tinggi. Di kota kita tidak akan menemukan sampah berserakan. Kita juga tidak akan menemukan orang yang meludah sembarangan dan tidak ada poster-poster atau iklan kertas yang ditempel dijalanan.

Sungai-sungai di sana bersih dan hampir tembus pandang. Seperti dilansir dari National Geographic, Calgary yang berpenduduk sekitar 1.195.194 jiwa itu punya sejumlah fakta menarik. Salah satunya adalah kota ini dipimpin oleh walikota beragama muslim, Naheed Kurban Nenshi. Pria kelahiran 3 Februari 1072 itu merupakan orang muslim pertama yang menjadi walikota di Kanada.

Setelah terpilih di tahun 2010, Naheed kembali memenangkan pemilihan walikota di tahun 2013. Lahir di Toronto, orangtua Naheed merupakan imigran dari Tanzania. Selain dipimpin walikota muslim, Calgary yang termasuk kota modern ternyata punya julukan Cow Town atau Kota Sapi.

Fakta menarik lainnya, kota ini punya pertunjukan Calgary Stampede yang dianggap sebagai pertunjukan outdoor terbaik di bumi. Di acara yang diselenggarakan selama 10 hari ini kita bisa menyaksikan pertunjukan atau kompetisi rodeo terbesar di dunia, konser, hiburan, eksibisi, pameran dan parade.

 

Doesn't get much prettier than this. #calgaryab 📷 @timesmikethese

Foto kiriman Calgary Alberta (@calgary.ab) pada

Calgary juga berada di peringkat kelima (bersama Adelaide) dalam daftar kota paling layak huni di dunia tahun 2014. Daftar ini disusun oleh Economist Intelligence Unit (EIU). Fakta menarik lainnya, di Calgary ada lebih dari 100 gedung terkoneksi melalui sebuah jembatan.

Jembatan setinggi 15 meter di atas permukaan tanah ini bisa membuat kita berjalan sejauh 18 kilometer tanpa harus keluar gedung! Lalu ada Kebun Binatang Calgary yang merupakan terbaik ketiga di Amerika Utara. Fakta lainnya, Calgary tidak memungut pajak penjualan.

Hal serupa juga diterapkan di seluruh Provinsi Alberta. Meskipun termasuk kota yang kering dengan curah hujan rendah, suhu terendah di Calgary bisa mencapai -45 derajat Celcius, sedangkan suhu tertinggi mencapai 36 derajat Celcius.

 

 

#Calgary #CalgaryPark #Fountain #OlympicPark

Foto kiriman Amanda (@hazyhurricane) pada

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading