Keren, Jawa Barat Sudah Punya Museum Hall of Fame

Henry Hens04 Jan 2017, 23:40 WIB
[Bintang] Museum Hall of Fame Jawa Barat

Fimela.com, Jakarta Jawa Barat membuat gebrakan baru yang keren dan patut dipuji. Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ahmad Heryawan meresmikan Hall of Fame/Panggung Inohong Jawa Barat, museum yang menampilkan tokoh-tokoh terkenal dari era sebelum kemerdekaan sampai dengan sekarang.

Museum yang terletak di Gedung Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (Bapusipda) Jabar di Jalan Kawaluyaan, Kota Bandung itu diresmikan pada 27 Desember 2016. "Bisa dibilang Hall of Fame ini yang pertama kali di Indonesia. Kita meminjam idiom populer Hall of Fame dan supaya ada padanannya kita pakai kata Inohong atau tokoh Jawa Barat," kata kurator Hall of Fame/Panggung Inohong Jawa Barat Aat Suratin, seperti dilansir dari antaranews.

Gubernur Aher meresmikan Museum Hall of Fame Jawa Barat. foto: inilahkoran.com

Ruangan dengan luas sekitar 600 meter persegi di salah satu sudut Gedung Bapusipda Jabar itu diubah menjadi museum yang menampilkan foto dan patung tokoh pendidikan, seni, politik, kebudayaan, dan pemerintahan Jawa Barat yang berjasa dan terkenal dari era sebelum kemerdekaan hingga sekarang.

Total ada sekitar 350 tokoh atau item yang masuk ke museum tersebut. Hall Jumlah ini akan terus bertambah karena sedang dikembangkan versi e-book-nya. Museum yang terbuka dan gratis untuk umum ini juga menampilkan rangkuman sejarah kerajaan yang ada di Provinsi Jabar serta pahlawan sebelum kemerdekaan seperti Bagus Rangin, Inggit Garnasih, RD Dewi Sartika dan Mohamad Toha serta pahlawan setelah kemerdekaan seperti Umar Wirahadikusuma dan Otto Iskandardinata.

Museum Hall of Fame Jawa Barat. foto: antaranews

Lalu ada tokoh-tokoh masa kini mulai dari Ridwan Kamil, Ustaz Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), penyanyi Bimbo, Rhoma Irama, Hetty Koes Endang dan Nike Ardila. Ada juga komedian Kang Ibing serta Us Us, penari Gugum Gumbira, seniman Budi Dalton, seniman Ully Sigar, cendekiawan Ono Purbo, dan pengusaha Arifin Panigoro.

Selain itu ada juga tokoh-tokoh asal Jawa Barat yang sekarang dianggap menjadi inspirasi seperti atlet karate yang mewakili Indonesia di ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional 2015 Lala Diah Pitaloka, dan pesinden Rita Tila.