Sukses

Lifestyle

Komunitas, KJN Tumbuhkan Nasionalisme di Pedalaman

Fimela.com, Jakarta Komunitas Jendela Nusantara atau dikenal dengan sebutan KJN, kembali melakukan kegiatan sosial. Kali ini para relawan KJN akan mengabdi selama 10 hari di SDN 004 Desa Suyadon, Kecamatan Lumbis Ogong, Kabupaten Nunukan-Kalimantan Utara mulai dari 25 Februari 2017.

Dalam rentang 10 hari di Desa Suyadon, relawan KJN akan melakukan penanaman nasionalisme terhadap siswa, pengenalan profesi dan cita-cita, pendirian perpustakaan mini, gerakan Literasi (Baca, puisi, dongeng, pojok baca, dll), penyaluran bantuan sosial peralatan dan perlengkapan sekolah, dan lain-lain.

KJN adalah komunitas yang bergerak dalam bidang pendidikan tertinggal di pelosok negeri khususnya di daerah Kalimantan Utara. KJN dibentuk oleh sekelompok mahasiswa Makassar, dan kini juga telah dibentuk di Provinsi Kalimantan Utara pada akhir 2015 lalu.

 

“Untuk mencapai SD 004 Desa Suyadon, kec Lumbis Ogong, Kab Nunukan diperlukan perjalanan sungai selama 3 jam dengan speedboat, perjalanan darat selama 1 jam dan dilanjutkan menelusuri sungai selama 1 jam dengan menggunakan longboat,” tulis Mutma Inna Lintang, salah satu relawan KJN di facebook miliknya.

“Siswa-siswi SDN 004 selama ini menggunakan balai desa sebagai tempat belajar, dan kondisinya sungguh memprihatinkan bila dibandingkan dengan sekolah - sekolah yang ada di kota. Sarana dan prasarana pun serba seadanya, bahkan sebagian besar dari mereka ada yang tidak memakai seragam sekolah dan alas kaki,”

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading