Sukses

Lifestyle

Karshanbai Patel, Anak Petani yang Meraih Sukses

Fimela.com, Jakarta Terlahir sebagai anak petani miskin, Karsanbhai kini bisa mengecap manisnya buah kerja keras. Forbes mencatat, miliarder produk consumer goods di India ini memiliki harta senilai 2,2 miliar dolar AS  pada tahun 2016. Karsanbhai merupakan pemilik perusahaan fast moving consumer goods lewat bendera Nirma Group.

Hasil kekayaannya berawal dari ketekunan menciptakan formula detergen di belakang rumah. Setelah berhasil memproduksi detergen rumahan, lulusan sarjana Kimia itu menjualnya dengan sepeda dari pintu ke pintu.

Sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia, Karsanbhai dengan cermat memilih dengan tepat segmen pasar yang dia bidik. Sejak awal mula berbisnis, ia tetap membidik segmen pasar masyarakat menengah bawah sebagai ladang usahanya.

Karshanbai Patel | foto : Istimewa

Berpuluh-puluh tahun dilalui, ia pun masih setia menjadikan segmen tersebut sebagai sasaran dalam menjual berbagai produk keperluan rumah tangga. Membidik segmen bawah, Karsanbhai memakai strategi harga jual produk yang murah meriah. Mengutip laman kontan.co.id, detergen racikan Karsanbhai bahkan berhasil menggeser popularitas sabun cuci merek global pabrikan Unilever dan Procter & Gamble. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading