Sukses

Lifestyle

4 Bahaya Minuman Bersoda, Bikin Kamu Sadar kalau Sehat Itu Mahal

Fimela.com, Jakarta Selepas berpanas-panasan di jalan menuju kampus atau pulang ke rumah. Enaknya memang minum-minuman dingin yang mampu jadi obat penghilang haus. Air dingin juga mampu membuatmu kembali bernapas lega usai merasa sesak oleh hawa panas dan terik matahari. Sayangnya, girls, kamu sering kali merasa air mineral dingin nggak cukup bikin kamu kembali segar. 

Kamu butuh minuman lain, yang dingin, memiliki rasa nikmat, dan bukan cuma penghilang haus tetap juga yang bisa kamu nikmati sembari duduk melepas lelah. Salah satu minuman yang paling banyak dijual dan mudah untuk kamu dapatkan adalah minuman bersoda. Apa pun merknya, yang penting bisa memberikan kesegaran. 

Meskipun kamu tahu minuman bersoda tak baik untuk kesehatan, kamu tetap memilih minuman jenis ini. Ada juga orang-orang yang ingin mengurangi risikonya dengan memilih diet coke. Tapi biar bagaimana pun, minuman bersoda tetaplah minuman bersoda yang nggak baik buat kesehatan. Memangnya, apa saja yang bakal terjadi kalau kamu minum minuman nggak sehat ini?

1. Lemak pada liver. Kamu yang sering banget minum minuman bersoda biasanya memiliki bobot yang lebih dari ideal. Bukan cuma lemak pada tubuhmu, tapi lemak ini juga bisa 'menyelimuti' liver sehingga organ tubuh yang penting ini nggak bisa bekerja dengan baik. Dilansir dari Rodales Organic Life, sebuah studi menunjukkan kamu yang minum soda setiap hari selama enam bulan, akan memiliki risiko besar memiliki lemak pada livernya. 

Liver | via: huffpost.com

Bukan cuma liver saja, lho. Organ tubuh lainnya juga bisa tertutup oleh lemak. Misalnya, seperti kerangka tulang dan juga lemak-lemak yang ada di dalam pembuluh darah. Ini bahaya banget, girls, soalnya pembuluh darah yang tertutup lemak akan mengakibatkan aliran darah nggak lancar. Bukan cuma bakal sering kesemutan, tapi juga stroke serta diabetes mengancam. 

Kanker dan Penyakit Parah Lainnya

2. Diet Soda sama bahayanya. Kamu mungkin sudah tahu kalau minuman bersoda memang banyak banget gulanya. Dan ini nggak sehat buat tubuhmu. Tapi, ternyata diet soda atau sering juga disebut dengan diet coke pun mengandung banyak gula. Para peneliti di University of Texas Health Science Center menemukan, 475 orang dewasa selama 10 tahun, lingkar pinggangnya meningkat 70 persen. Penelitian ini dilakukan selama 10 tahun. 

Ilustrasi Perempuan Gemuk | via: bodybuilding.com

Selain itu, mereka yang meminum diet soda lebih dari dua kaleng setiap hari akan mengalami pelebaran lingkar pinggang 500 persen! Pelebaran ini dikarenakan bertumpuknya lemak pada tubuh. Kalau sudah begini, kamu pun berisiko terkena penyakit diebetes. Ini menyeramkan banget girls. Kebayang, dong, berapa banyak kandungan gula yang ada di dalam diet soda. 

3. Bukan cuma gemuk. Gemuk dan diabetes ternyata bukan satu-satunya efek buruk yang bakal kamu dapat. Pada tahun 2011, Center for Science in the Public Interest membuat sebuah petisi soal makanan dan minuman yang harusnya di-ban. Termasuk minuman bersoda. Alasannya, minuman bersoda itu mengandung zat pewarna buatan, 2-methylimidazole and 4-methylimidazole. 

Minuman bersoda, mengandung rata-rata 21-40 gram kafein tergantung dari mereknya | Via: plus.google.com

Nah, zat ini ternyata bisa menimbulkan kanker pada sebuah percobaan yang dilakukan sebelumnya pada binatang. Parahnya, menurut aturan proposisi ketat yang dikeluarkan California, Amerika Serikat, ada 65 zat kimia yang masuk dalam daftar zat-zat yang bisa menimbulkan kanker. Cuma 16 mikrogram 4-methylimidazole per orang dan per hari, bisa bikin kamu menderita kanker, cuma gara-gara minuman bersoda, baik yang biasa maupun berlebel diet soda. 

4. Selain membahayakan nyawamu, minum minuman bersoda juga akan membuat tubuh dan wajahmu lebih cepat tua. Karena, minuman ini mengandung lebih banyak fosfat dibandingkan dengan minuman dan makanan lainnya. Nah, kalau kamu mengonsumsi terlalu banyak fosfat ini, jantung dan juga ginjalmu akan bermasalah. 

Keretakan tulang hasil Photoshop. (Via: boredpanda.com)

Selain itu, kamu juga bisa mengalami osteoporosis, dan kehilangan kekutan otot. Jadi, coba deh untuk mengganti minuman bersoda ini dengan teh tanpa gula, atau bahkan air mineral biasa. Sehingga hidup kamu akan menjadi lebih sehat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading