Sukses

Lifestyle

Waspada, Blue Whale Challenge Bisa Bikin Kamu Celaka

Fimela.com, Jakarta Kamu tahu Blue Whale Challenge? Ya sebuah ajakan bunuh diri yang digambarkan sebagai sebuah permainan ini muncul pada akhir November 2015 lalu, di mana permainan tersebut populer lewat jejaring sosial VKontakte di Rusia. Permainan ini memang belum populer di Indonesia, maka itu kamu harus tahu agar bisa melakukan pencegahan supaya ajakan bunuh diri ini tak tersebar luas dan memakan banyak korban. 

Seiring dengan perkembangan teknologi, berbagai ancaman termasuk ancaman dan ajakan bunuh diri terus bermunculan dan Blue Whale Challenge salah satunya. Melansir laman Higgypop (3/5/2017), selain Blue Whale Challenge, permainan serupa juga muncul dengan nama A Silent House, A Sea Of Whales atau Wake Me Up At 4:20am.

Ilustrasi bunuh diri. (iStockphoto)

Beragam nama tersebut pun tak menutup kemungkinan kalau permainan serupa juga akan muncul di berbagai negara dengan nama yang berbeda. Di Rusia dan Asia Tengah, remaja pun menjadi sasaran permainan ini, dan laporan terbaru menyebutkan bahwa Blue Whale Challenge telah menyebar keseluruh Eropa termasuk Inggris.

Dalam praktiknya di Rusia, permainan Blue Whale Challenge ini berjalan dalam grup-grup jejaring sosial VKontakte. Saat bergabung di grup tersebut, maka kamu akan diberi tantangan pertama dari 50 tantangan yang harus kamu selesaikan setiap hari. 

Ilustrasi depresi. (via. Medscape)

Tantangan yang diberikan pun aneh dan beragam seperti mendengarkan lagu, menonton video seram, bangun tidur di tengah malam hingga membuat simbol paus atau sebuah kode di tubuh menggunakan benda tajam seperti silet. Saat kamu telah menyelesaikan tugas, kamu harus menunjukkan bukti foto yang kemudian dikirim kepada administrator grup tersebut. Saat tiba di hari ke-50 administrator akan memberikan tugas terakhir yaitu mengakhiri hidup sebagai bentuk pemenangan diri.

Ya, permainan Blue Whale Challenge ini memang mengerikan dan rentan bagi siapapun termasuk mereka yang menderita depresi, terlebih administrator permainan ini meyakinkan para korban bahwa mereka adalah orang yang tak lagi mampu menjalani hidup di dunia ini dan mengakhiri hidup adalah pilihan terbaik. Maka itu kita harus sama-sama melakukan pencegahan sebelum marak aksi bunuh diri karena permainan ini. Tragisnya, sejak November 2015 sampai April 2016 permainan ini pun telah merenggut 130 nyawa anak-anak di Rusia.

Korban Bunuh Diri Permainan Blue Whale Challenge

Seorang gadis berusia 17 tahun bernama Rina Palenkova diduga telah melakukan bunuh diri setelah mengikuti permainan Blue Whale Challenge pada November 2015 lalu. Spekulasi tersebut muncul setelah melihat berbagai unggahan Rina di media sosialnya.

Melansir BuzzFeed, dalam profil media sosialnya di Vkontakte, ditemukan sebuah unggahan foto terakhir Palenkova yang disertai dengan ucapan selamat tinggal. Sebelumnya, ia pun sempat menuliskan hal terkait depresi dan bunuh diri dalam halaman profil media sosialnya yang kini telah dihapus pihak VKontakte. 

Rina Palenkova, gadis berusia 17 yang diduga bunuh diri setelah mengikuti Blue Whale Challenge. (via. Mirror)

Ya, seperti yang disebutkan di atas, sebelum menjalankan tantangan final, mereka yang mengikuti permainan ini diminta untuk mengunggah sebuah foto diri di media sosial yang disertai pesan selamat tinggal sebelum mengakhiri hidupnya.

Sebelum bunuh diri, Palenkova pun mengunggah foto terakhirnya yang berada di dekat rel disertai ucapan selamat tinggal. Gadis belia ini pun kemudian ditemukan tewas di lokasi yang sama di tempat ia mengambil foto terakhirnya.

Melansir Mirror, masinis yang menyaksikan aksi bunuh diri Palenkova mengatakan bahwa gadis yang dikenal periang itu bergegas menuju rel saat melihat kereta akan segera melintas. Masinis yang mengendarai kereta tersebut pun mengatakan bahwa dirinya telah berusaha mati-matian untuk menghentikan keretanya, namun upayanya gagal. 

Ilustrasi Foto Bunuh Diri (iStockphoto)

Selain Palenkova, korban bunuh diri lainnya adalah Yulia Konstantinova yang berusia 15 tahun dan Nika Volkova berusia 16 tahun yang melompat dari lantai 14 sebuah gedung pada awal tahun 2017. Sama seperti Palenkova, sebelum meninggal keduanya pun meninggalkan sebuah pesan selamat tinggal di media sosial, selain itu Yulia pun sempat mengunggah sebuah foto paus biru di halaman Instagramnya.

Mengerikan ya. Blue Whale Challenge atau aksi mencelakakan orang lain yang disebut sebagai permainan ini pun marak di media sosial yang sering kita gunakan seperti Twitter. Namun Instagram telah melakukan pencegahan penyebarluasan permainan ini dengan memberikan peringatan kepada mereka yang melakukan pencarian atas tag-tag tertentu berkaitan dengan permainan Blue Whale Challenge, seperti #i_am_whale, #wakemeat420 #f57 dan sebagainya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading