Jangan Cuma ke Amsterdam, Belanda Masih Punya Banyak Kota Cantik

Asnida Riani15 Mei 2017, 15:40 WIB
[Bintang] Belanda

Bintang.com, Jakarta Lewat kanal yang terdapat bangunan berarsitektur khas di kanan-kiri, serta lalu lalang sepeda dengan sedikitnya interupsi pekak suara kendaraan bermotor, Amsterdam dirasa (terlalu) menggoda untuk dilewatkan begitu saja. Hingga kini, atmosfer tersebut masih sanggup mendatangkan pelancong dari seantero Bumi.

Namun demikian, bukan berarti cantik Belanda semata bisa direpresentasi lewat Amsterdam. Negara yang punya kaitan sejarah dengan Indonesia ini ternyata masih punya sejumlah wilayah yang pemandangan dan suasananya tak kalah menarik. Beberapa bahkan punya lanskap serupa dengan Amsterdam, hanya saja dengan tak terlalu banyak kerumunan turis.

Dengan pengerucutan suasana berbeda satu dari yang lain, kota-kota ini mestinya dipertimbangkan bila hendak menjelajah Belanda. Dengan jarak yang tak terlalu jauh, kamu bahkan bisa merencanakan perjalanan ke sejumlah kota sekaligus. Sebagaimana dimuat roughguides.com, berikut deretan tempat di Belanda yang jadi opsi selain Amsterdam.

Leeuwarden, Belanda. (Sumber Foto: Jonathan van Dijk, Kristian Hoekman/Arch Daily)

Leeuwarden, Dengan jalan-jalan yang dipenuhi street art, serta deretan museum menawan, tempat ini merupakan surga bagi pecinta wisata sejarah. Singgahi Wilhelminaplein, di mana terdapat pasar di halamannya setiap hari Jumat, untuk melihat karya seni, serta sejarah provinsi setempat, juga pergerakan saat Perang Dunia II.

Leeuwarden juga merupakan kota kelahiran penari kenamaan, Margaretha Zelle. Untuk melihat panorama kota secara menyeluruh, kamu bisa menaiki anak tangga menuju puncak Oldehove. Mungkin sedikit menguras tenaga, tapi bentang panoramanya sepadan dengan peluh yang dikeluarkan.

Nuansa Amsterdam di Utrecht

Utrecht. Bila kamu menyukai arsitektur moden, maka jangan sampai tak merencanakan pergi ke Rietveld-Schröder House, di mana parasnya terpengaruh dari seni dan desain pergerakan, selama berada di Utrecht.

Utrecht, Belanda. (Sumber Foto: azhtor/Instagram)

Tempat ini dikenal sebagai kota pelajar-nya Belanda, jadi atmosfer 'muda' begitu kentara terasa. Dengan jalan-jalan di sepanjang kanal yang dipenuhi restoran dan bar, lanskap Utrecht sekilas mirip dengan Amsterdam. Untuk mendapat panorama menyeluruh, kamu bisa pergi ke Dom Tower setinggi 112 meter.

Breda. Landmark Breda adalah Grote Kerk, gereja Gotic mengagumkan dengan tinggi menara mencapai 97 meter. Kota ini juga merupakan lokasi penting selama Eighty Years’ War, di mana peristiwa ini berkenaan dengan lepasnya Belanda dari pemerintahan Spanyol.

Breda, Belanda. (Sumber Foto: atmtxphoto.com)

Setelah puas menjamah tempat-tempat kaya sejarah, kamu bisa bersantai di kafe macam De Beyerd dengan daftar menu yang terdiri dari 100 jenis bir, juga jangan sampai melewatkan kesempatan menyambangi ‘t Hart van Breda.

Pesta Keju di Gouda

Gouda. Nama kota yang satu ini kerap terdengar lewat produksi perkebunannya. Gouda merupakan tempat di mana terdapat pasar keju setiap Kamis pagi dari April hingga Agustus. Dengan demikian, kamu bisa dengan mudahnya menjajal produk lokal yang satu ini.

Gouda, Belanda. (Sumber Foto: janey_nope/Instagram)

Kemeriahan pasar ini juga sering dihiasi pergelaran kostum tradisional dan demonstrasi bagaimana keju-keju laku terjual. Di samping itu, warga setempat juga bangga akan jendela kaca di dalam St John’s Church.

Apeldoorn. Berlokasi di Gerderland, tempat ini merupakan opsi terbaik untuk bertualang di alam, menyambangi De Hoge Veluwe National Park misalnya. Di samping itu, terdapat pula sepeda yang bisa digunakan secara gratis di sekitar taman, di mana juga terdapat Kröller-Müller Museum, rumah bagi karya seni Vincent van Gogh.

Apeldoorn, Belanda. (Sumber Foto: kidsproofapeldoorndeventer/Instagram)

Bila kamu ingin kegiatan luar ruang dengan sentuhan sejarah, kota ini juga merupakan tempat di mana Paleis Het Loo berdiri, bangunan yang pernah dijadikan istana. Dengan menjelajahnya, kamu bisa mendapat gambaran betapa mewah rumah bagi raja-ratu Belanda.

Lanjutkan Membaca ↓