Sukses

Lifestyle

Ingin Mudik? Hindari Lemas Akibat Puasa dengan Cara Ini!

Fimela.com, Jakarta Puasa dan mudik boleh menjadi dua hal yang berat untuk dilakukan. Perjalanan yang jauh ditambah dengan rasa lemas dan dahaga yang menyerang bisa berbahaya. Apalagi jika disertai dengan nyeri di kepala dan dehidrasi.

Apalagi, banyak orang yang sudah mulai lalai untuk menjaga kesehatannya di minggu terakhir berpuasa. Sudah mulai malas bangun pagi hingga tukang makanan yang sudah pulang kampung pun menjadi alasan yang umum terlontarkan.

Akan menempuh perjalanan mudik? Ini trik menghindari lemas agar akibat puasa dengan cara ini! (Sumber Foto: pexels.com)

Dilansir dari KlikDokter, dr. Dewi Ema Anindia menjelaskan beberapa faktor yang menyebabkan kelelahan saat berpuasa. Di antaranya adalah kurang cairan hingga kurang tidur. Sebuah studi yang dilakukan di Morocco pada tahun 2001 menunjukkan bahwa gangguan tidur bisa hadir saat berpuasa akibat dari pemendekan fase tidur. Sementara tidur adalah waktu yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan regenerasi.

Lalu, bagaimana cara agar tubuh kamu tetap fit saat perjalanan mudik dan dalam keadaan berpuasa? Jangan sampai batal puasa apalagi sakit, begini trik cerdas yang bisa kamu contek. Yuk, mudik dengan cara yang sehat!

Akan menempuh perjalanan mudik? Ini trik menghindari lemas agar akibat puasa dengan cara ini! (Sumber Foto: Daily Mail/Getty Image)

Tidur yang cukup. Terlalu banyak tidur dan waktu tidur yang pula terlalu sedikit bisa menimbulkan rasa lelah. Cobalah untuk tidur cukup selama 7 hingga 8 jam dalam satu hari. Disarankan kamu untuk tidur setelah salat tarawih agar bisa bangun dengan segar saat sahur. Tidur siang sebentar juga sangat disarankan, lho!

Akan menempuh perjalanan mudik? Ini trik menghindari lemas agar akibat puasa dengan cara ini! (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Minum air putih dan jauhkan kopi. Kafein berperan sebagai diuretik. Mengonsumsi kopi atau minuman dengan kafein tinggi bisa menyebabkan kamu kurang cairan bahkan menimbulkan dehidrasi. Jadi, coba untuk menghindari kopi atau minuman bersoda serta perbanyak konsumsi air utih selama berbuka dan makan sahur ya, girls!

Seperti yang sudah dijelaskan, melaksanakan mudik sembari menjalani ibadah puasa memang bukanlah sebuah hal yang mudah. Namun, selalu ingat bahwa hari kemenangan sudah di depan mata. Yuk, simak lebih dalam tentang trik agar tak lemas saat berpuasa di sini. Selamat mudik!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading