Sukses

Lifestyle

Mengetahui Lebih Dalam tentang Efek Dumolid

Fimela.com, Jakarta Tora Sudiro dan Mieke Amalia ditangkap pihak kepolisian kemarin, (3/8). Dalam penangkapan, pihak kepolisian menemukan 30 butir Dumolid di rumahnya. Sebenarnya apa sih efek Dumolid?

Dumolid sendiri merupakan nitrazepam yang bisa disebut sebagai salah satu obat golongan benzodiazepine. Biasanya obat ini diresepkan sebagai tata laksana jangka pendek untuk obat penenang bagi penderita insomnia.

Mengenai benzodiazepine, dr. Nitish Basant Adnani, BMedSc dari KlikDokter menjelaskan bahwa efek yang timbul setelah menggunakannya adalah mengantuk dan relaksasi otot-otot tubuh.

"Umumnya obat dengan kandungan benzodiazepine diresepkan sebagai tatalaksana jangka pendek sebagai obat penenang untuk gangguan tidur atau insomnia, karena memiliki efek hipnotik (membuat seseorang menjadi mengantuk)," jelasnya pada Bintang.com (3/8).

Yuk, ketahui lebih dalam efek Dumolid, obat yang ditemukan di rumah Tora Sudiro dan Mieke Amalia. (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Meski terkesan miliki manfaat yang positif, namun penyalahgunaan obat golongan ini bisa menyebabkan efek samping pada kesehatan. Sederet efeknya seperti seperti depresi, rasa lelah, nyeri kepala, serta gangguan daya ingat.

Hal tersebut membuat penggunaan obat dengan kandungan benzodiazepine ini harus dalam pengawasan dokter. Pemakaian di luar resep dokter pun bisa dianggap sebagai pelanggaran hukum.

Yuk, ketahui lebih dalam efek Dumolid, obat yang ditemukan di rumah Tora Sudiro dan Mieke Amalia. (Sumber Foto: Kidspot)

Selain efek di atas, bila obat tersebut dikonsumsi oleh ibu hamil, obat ini dapat menyebabkan cacat permanen pada janin yang ada dalam kandungan. Untuk menghindari efek ini, pemerintah memberikan regulasi tegas atas penggunaan Dumolid.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading