Sukses

Lifestyle

3 Minuman yang Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Dumolid

Fimela.com, Jakarta Usai penangkapan Tora Sudiro dan Mieke Amalia di kediamannya, Dumolid pun kini menjadi perbincangan. Pasalnya, sebanyak 30 butir obat berjenis psikotropika tersebut ditemukan di rumahnya.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Dumolid merupakan obat sedatif yang berisi nitrazepam. Zat tersebut memberikan efek sehingga orang yang mengonsumsinya jadi lebih santai dan juga rileks. Namun jika disalahgunakan, obat tersebut bisa memberikan efek samping seperti depresi, rasa lelah, nyeri kepala, gangguan daya ingat, lebih clumsy atau tidak stabil posturnya, grandiose (rasa percaya diri) dan sebagainya.

Dumolit sendiri adalah salah satu obat dengan golongan benzodiazepine. Mengenai benzodiazepine, dr. Nitish Basant Adnani, BMedSc dari KlikDokter menjelaskan, pengonsumsiannya pun tak bisa dicampur dengan beberapa jenis zat.

Bila mengonsumsi obat dengan kandungan benzodiazepine dicampur dengan alkohol, kopi, atau minuman bersoda, kemungkinan timbulnya efek samping akan semakin tinggi. Jadi, jangan sampai sembarangan meminumnya, ya!

Jangan diabaikan karena berpikir hanya stres, ini tanda-tanda kamu mengidap depresi. (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Pada umumnya obat Dumolid diresepkan sebagai tata laksana jangka pendek sebagai obat penenang untuk gangguan tidur atau insomnia, karena memiliki efek hipnotik (membuat seseorang menjadi mengantuk). Tak sampai di situ, obat golongan benzodiazepine juga terkadang digunakan untuk tatalaksana gangguan cemas (ansietas).

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading