Benarkah Kucing Berbahaya untuk Wanita Hamil?

Floria Zulvi12 Sep 2017, 16:40 WIB
[Bintang] Benarkah Kucing Berbahaya untuk Wanita Hamil?

Fimela.com, Jakarta Kucing seringkali dituding sebagai ancaman karena bisa mendatangkan dampak buruk bagi wanita hamil. Sering menjadi hewan peliharaan yang tak mengganggu, benarkah kucing berbahaya untuk ibu hamil dan janin?

Dilansir dari KlikDokter, kucing dikatakan berbahaya karena menjadi sumber utama dari penyakit toksoplasmosis. Toksoplasmosis adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit yang bernama toxoplasma gondii.

Biasanya parasit tersebut ditularkan ketika kamu mengonsumsi makanan yang sudah terinfeksi atau yang sebelumnya pernah melakukan kontak dengan kotoran kucing. Disebabkan oleh parasit, tentu penyakit ini bisa memengaruhi kesehatan saluran cerna, mulut, kerongkongan, lambung, usus dan anus, jantung, saraf, maupun kulit.

Penyakit ini seringkali tak diikuti dengan gejala yang khas. Perlu diperhatikan, bahwa pada sebagian kasus, orang yang terkena penyakit ini mengalami gejala mirip flu yang terjadi pada umumya.

Apakah kucing bisa membahayakan wanita hamil? Baca jawabannya di sini. (Sumber Foto: Growing Your Baby)

Infeksi toksoplasmosis pada tahap awal masa hamil bisa menyebabkan keguguran atau kematian janin. Kendati demikian, ada trik yang bisa mengurangi risiko terkena penyakit tersebut tanpa harus berpisah dengan kucingmu. Baca selengkapnya di sini.