Sukses

Lifestyle

4 Hal Berbahaya Ini Terjadi Kalau Sering Tahan BAB

Fimela.com, Jakarta Menahan buang air, baik kencing maupun buang air besar, mungkin pernah dilakukan seetiap orang. Soalnya, kadang kamu memang nggak bisa langsung ke toilet karena sedang mengerjakan hal yang cukup penting. 

Atau, kamu memang sedang dalam perjalanan. Masalahnya, kadang kamu nggak sedang dalam keadaan darurat tapi tetap menahan buang air. Kalau buang air kecil, mau nggak mau kamu harus pergi ke kamar kecil meskipun sudah kamu tahan selama berjam-jam. 

Nah, kalau buag air besar, agak beda. Ketika kamu sudah menahan BAB, rasa 'ingin' itu kadang hilang. Kamu malah nggak lagi merasa ingin buang air. Akhirnya, kamu menunda hingga 1 bahkan beberapa hari. 

Ini sangat berbahaya buat kesehatanmu. Selain akan menimbulkan beberapa kondisi yang nggak normal dalam sistem pencernaanmu, juga bisa menimbulkan risiko kehilangan nyawa! Apa saja, sih, akibat dari menahan BAB?

Jadi Nggak Peka

Dilansir dari Greatist, saat kamu sering menahan buang air besar, ususmu akan menggembung dan akan menimbulkan masalah pada saat kamu melakukan BAB.

Selain itu, ketika kamu menahan BAB, otot rektummu akan meregang dan memberikan sinyal kepada otak untuk berhenti memberi respon untuk BAB. Ini dia yang bikin rasa ingin BAB lama-lama jadi hilang. 

 

 

Sebabkan Kematian

Ternyata nggak BAB dalam jangka waktu yang sangat lama bisa menimbulkan kematian! Dilansir dari Women's Health Magazine, orang yang nggak BAB selama 8 minggu bakal mencapai kondisi yang sangat buruk. Tapi, kondisi ini sangat sangat jarang. 

Soalnya, ketika kamu beberapa hari nggak BAB, kamu akan mengalami konstipasi atau susah poop. Nah, biasanya kamu akan pergi ke dokter dan dokter akan memberikan obat agar poop keluar. 

Lama di Kamar Mandi

Menurut The hearty Soul, kamu nggak seharusnya berlama-lama di toilet saat BAB. Nah, kalau kamu harus nongkrong atau duduk selama satu jam bahkan 2 jam menunggu poop turun, kamu harus periksa ke dokter. Soalnya, ini mungkin akibat dari kamu suka menahan BAB. 

BAB Keras

Semakin lama kamu menahan BAB, semakin banyak usus menyerap cairan pada poop ke dalam tubuh. Dalam jumlah yang tepat dan wajar, hal ini baik karena poop nggak akan menjadi terlalu lembek. Tapi kalau terlalu banyak cairan yang diserap, poop bakalan semakin keras. Ini yang bikin kamu susah BAB. Makanya, mulai sekarang jangan menahan BAB, ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading