Hari Pahlawan 10 November: Mengheningkan Cipta di Stasiun

Gadis Abdul10 Nov 2017, 13:05 WIB
[Bintang] Hari Pahlawan 10 November dan Mengheningkan Cipta di Stasiun

Bintang.com, Jakarta Ada pemandangan berbeda yang terlihat di Stasiun Pondok Cina, Depok pagi ini, Jumat (10/11/2017). Ajakan untuk mengheningkan cipta sejenak terdengar melalui pengeras suara di stasiun pada pagi ini. “Untuk memperingati Hari Pahlawan marilah kita sama-sama sejenak mengheningkan cipta,” ujar petugas informasi lewat pengeras suaranya. Ya, selamat Hari Pahlawan 10 November

Buat masyarakat Indonesia hari ini atau tepatnya 10 November adalah hari yang istimewa karena hari ini diperingati sebagai Hari Pahlawan. Tentunya banyak kegiatan yang menjadi tradisi dilakukan setiap tahunnya oleh masyarakat Indonesia, salah satunya adalah upacara dan mengheningkan cipta di halaman kantor atau pun sekolah.

Lalu bagaimana jika mengheningkan cipta dilakukan di stasiun? Ada pengguna yang tak mengindahkan ajakan untuk mengheningkan cipta, sambil menunggu commuter line yang datang mereka asyik memainkan handphone atau berbincang dengan orang yang ada disampingnya. tapi banyak pula pengguna commuter line yang terlihat khusyuk menundukan kepala atau memasukkan handphonenya ke dalam tas, berhenti ngobrol dan terdiam.

Dari pengeras suara terdengar lagu Mengheningkan Cipta diputar. Pemandangan yang bikin merinding dan pengin nangis. “Sudah jarang upacara, tapi pas denger lagu Mengheningkan Cipta ini badan merinding dan pengin nangis,” ujar Maria seorang pengguna commuter line di Stasiun Pondok Cina kepada Bintang.com, Jumat (10/11/2017).

“Jarang-jarang ngedapetin suasana kayak gini, jadi momen yang indah aja sih menurut aku. Nggak ada salahnya nyempetin beberapa menit untuk diam dan mengenang semua jasa-jasa para pahlawan kita. Kalau nggak ada mereka mungkin kita nggak akan bisa sebebas ini,” ujar karyawan di salah satu perusahaan di daerah Sudirman tersebut.

Ya, mengheningkan cipta adalah salah satu cara untuk mengenang kembali jasa-jasa para pahlawan yang telah memerdekakan Indonesia. Sudahkah kamu mengheningkan cipta hari ini? Selamat Hari Pahlawan 10 November