Sukses

Lifestyle

Hindari Sebisa Mungkin, 8 Penyakit Ini Bikin Hubunganmu Kritis

Fimela.com, Jakarta Menjalin sebuah hubungan dan mempertahankannya, nggak bisa cuma modal cinta seperti di awal memutuskan untuk bersama. Cinta yang ada di awal itu juga bisa hilang kalau nggak dipelihara dengan baik. Ya, mencintai adalah pekerjaan yang harus dilakukan setiap hari.

Kamu nggak bisa bertahan dalam hubungan yang sudah kacau balau, hanya dengan alasan, "tapi kami saling cinta, kami tahu kami bersama karena kamu saling cinta". Sebab cinta bisa berubah, cinta bisa layu dan bisa mati. Makanya, banyak orang yang bilang, terutama kalau sudah menjalin hubungan lama, bahwa cinta saja nggak cukup untuk mempertahankan hubungan.

Selain cinta, setiap pasangan butuh komitmen. Cinta yang tumbuh tanpa komitmen akan mudah layu dan membuat hubungan mudah goyah. Mungkin komitmen itu nggak bisa hadir dalam sekejap, butuh waktu dan proses untuk membuatnya muncul dan menguat perlahan-lahan. Yang jelas sih, hubunganmu nggak bakal bertahan kalau ada "penyakit" seperti yang dijabarkan di bawah ini, nih.

So, selagi mencari cara untuk menumbuhkan komitmen serta memperkuat cinta, pastikan hubunganmu bebas dari penyakit ini saja dulu, ya!

1. Egois

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Tanja Heffner)

Sifat egois pantang banget ada dalam hubungan, karena menjalin sebuah hubungan butuh kerja sama yang sepadan antara kedua belah pihak.

2. Posesif

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Gary Bendig)

Mungkin bisa-bisa saja sih kamu bertahan dalam hubungan dengan pasangan yang posesif, tapi paling kamunya yang jadi nggak sehat.

3. Bosan

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Sergey Ferdiv)

Well, rasa bosan pasti ada, tapi juga bisa dihilangkan. Yang bahaya dan bikin hubungan kritis adalah pasangan yang menyerah dengan rasa bosan.

4. Cemburu

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Max Felner)

Sedikit-sedikit ada cemburu sih nggak apa-apa, tapi kalau berlebihan, rasa cemburu itu akan jadi seperti racun jahat bagi hubunganmu.

5. Bohong

Ilustrasi relationship. (Foto: pexels.com)

Kebohongan akan merusak kepercayaan, dan kepercayaan yang sudah rusak, perlahan juga akan menggerogoti keutuhan hubungan.

6. Berkhianat

 Ilustrasi relationship. (Foto: independent.co.uk)

Pengkhianatan dalam hubungan itu perusak hubungan paling ampuh. Kemungkinan besar bisa membunuh cinta yang ada, kalaupun cintanya tetap hidup setelah ada pengkhianatan, itu adalah sebuah keajaiban besar.

7. Cuek

Ilustrasi relationship. (Foto: pexels.com)

Sesekali mungkin bisa diterima, tapi kalau nggak belajar mengerti pasangan dan menunjukkan perhatian, ya mau merawat cinta dan hubungan itu pakai apa?

8. Kasar

Ilustrasi relationship. (Foto: pexels.com)

Baik secara verbal maupun nonverbal, bersikap kasar terhadap pasangan sama sekali nggak dibenarkan. Kalau ada yang berbuat demikian dan berdalih, "namanya juga cinta.." jangan percaya. Dengan cinta, harusnya sikap dan perkataan yang terlontar untuk pasangan jadi lembut, bukan sebaliknya. Coba saja biarkan sikap dan kata-kata kasar itu ada, tinggal tunggu saja sampai hubunganmu benar-benar hancur karenanya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading