3 Penyebab Endometriosis yang Diderita Zaskia Sungkar

Karla Farhana28 Nov 2017, 13:16 WIB
Zaskia Sungkar

Fimela.com, Jakarta Zaskia Sungkar baru-baru ini diberitakan telah menjalani sebauh operasi di salah satu rumah sakit di Malaysia. Artis yang kerap dipaggil Kia ini kabarnya menjalani operasi sebagai salah satu upaya untuk mendapatkan momongan. 

Usai beberapa lama kabar itu berembus sampai ke Tanah Air, ternyata ada endometriosis di tubuh Kia yang diduga jadi biang keladi terlambatnya dapat momongan. 

Kalau dipikir-pikir, endometriosis ini agak seram juga, ya! Selain bikin seks atau pra-seks nggak nyaman, tapi ternyata juga bisa memengaruhi kesuburan. 

 

Nah, kamu yang baru menikah dan ingin cepat-cepat mendapatkan anak, sepertinya harus 'melek' buat tahu banyak hal soal endometriosis yan diderita Zaskia Sungkar ini. Dilansir dari Medicine Net, ada 3 sebab utama.  

Nggak Diketahui

Kista Endometriosis
Kista Endometriosis

Endometriosis, seperti yang dilansir dari Medicine Net, penyebabnya nggak diketahui. Tapi, ada satu teori yang menjelaskan apa yang terjadi pada tubuh cewek dengan endometriosis. 

Jadi, ada jaringan yang mengendap di lokasi-lokasi yang nggak biasa karena aliran darah menstruasi yang surut atau nggak lancar melalui salura Fallopi ke dalam rongga pelvis dan perut. 

Haid Nggak Lancar

Endometriosis
Endometriosis (klikDokter)

Banyak orang yang berpikir endometriosis ini disebabkan karena haid nggak lancar. Padahal, hal ini belum tentu juga benar. Karena, menurut sumber yang sama, nggak semua cewek dengan haid yang nggak lancar menderita endometriosis. 

Coelomix Metaplasia

penderita-endometriosis--140117b.jpg
Endometriosis (iStock)

Kemungkinan satu lagi adalah area pada lapisan organ pelvis memiliki sel primitif yang bisa berkembang menjadi bentuk jaringan lain, seperti endometrium. Proses ini disebut dengan coelomix metaplasia. Tapi, sebab yang pastinya belum pernah diketahui. 

Lanjutkan Membaca ↓