Sukses

Lifestyle

Wilder Penfield, Sang Pahlawan Perang Ilmu Saraf

Fimela.com, Jakarta Hari ini Google merayakan ulang tahun Wilder Penfield ke-127 tahun. Kamu tahu nggak sih siapa dia? Ternyata Wilder Penfield adalah pemegang gelar orang paling hebat di Kanada. Mau tahu kenapa?

Melansir laman Google Doodle, rupanya Wilder Penfield adalah ahli bedah saraf hebat dengan prestasi yang luar biasa. Ia pun disebut menjadi pahlawan dalam ilmu saraf dan perawatan kesehatan.

Atas jasanya tersebut, Wilder Penfield pun membuat Kanada menjadi negara paling maju dibidang kesehatan pasca perang dunia.

Menjadi salah satu orang terhebat di bidangnya, Wilder Penfield juga dikenal sebagai sosok yang mengembangkan Montreal Procedure, yaitu perawatan untuk pasien yang mengalami kejang otak.

Bersama rekannya Herbert Jasper, pada tahun 1950 Wilder Penfield mengembangkan perawatan tersebut dan menemukan cara mengatasi kejang otak dengan menghancurkan sel saraf bermasalah dengan menariknya menggunakan beraliran listik saat pasien dalam keadaan sadar.

Menilik kehidupan Wilder Penfield, selain menjadi seorang ahli bedah saraf Montreal, ia pun mendedikasikan hidupnya untuk pendidikan dan kepentingan publik.

Sebelum meninggal karena kanker perut pada 1976, Wilder Penfield telah mendirikan Institut Neurologis Montreal pada 1934 dan memberikan dukungan pendidikan di universitas.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading