Sukses

Lifestyle

5 Fakta dan Mitos Gerhana Bulan yang Harus Kamu Tahu

Fimela.com, Jakarta Rabu (31/1/2018) malam kita telah menyaksikan indahnya gerhana bulan yang terdiri dari supermoon, blue moon dan blood moon. Namun dibalik fenomena indahnya gerhana bulan, ternyata masih ada mitos-mitos yang beredar dan dipercaya masyarakat sampai saat ini lho!

Berikut ini adalah 5 mitos gerhana bulan beserta faktanya yang harus kamu tahu, dilansir dari laman Skymetweather.

1. Makan saat gerhana bulan bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

Ya, mitos yang bereda di India ini nggak boleh kamu percaya. Faktanya ilmuan telah myatakan kalau makan atau minum saat terjadi gerhana bulan itu nggak ada kaitannya dengan kesehatan sistem pencernaan kita.

2. Melihat gerhana bulan memengaruhi pengelihatan.

Kamu pasti pernah dengar mitos ini, yang mana melihat gerhana bulan bisa kehilangan pengelihatan. Kenyataannya tidak ya guys!

3. Terluka seumur hidup.

Mitos ini menyebut kalau kamu terluka saat terjadi gerhana bulan, maka darahnya yang keluar dari lukamu tak akan berhenti, selain itu luka yang muncul juga disebut tak akan hilang. Mitos ini pun membuat banyak orang enggan keluar saat gerhana bulan. namun kenyataannya, luka dan gerhana bulan itu tak ada kaitannya.

4. Gehana bulan berbahaya untuk kehamilan.

Dibanyak daerah gerhana bulan dianggap sebagai pertanda buruk dan berbahaya untuk wanita hamil. Katanya jika wanita hamil melihat gerhana bulan bisa membuatnya melahirkan bayi yang cacat. Namun terkait mitos itu tak ada bukti konkret yang bisa membuktikan hal tersebut.

5. Harus mandi setelah melihat gerhana bulan.

Mitos gerhana bulan selanjutnya adalah mengharuskan seseorang mandi setelah melihat gerhana bulan, untuk menghilangkan energi negatif dan berbahaya dari sinar bulan tersebut. Padahal faktanya sinar tak bisa dicuci dengan air.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Mitos adalah suatu kisah berlatar belakang masa lalu dan dianggap benar-benar terjadi oleh yang menceritakannya dan pengikutnya.

    Mitos

  • Gerhana Bulan adalah fenomena alam berupa gerhana yang terjadi ketika sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan.

    Gerhana Bulan

  • Fakta

Loading