Sukses

Lifestyle

Pakai Lensa Terlalu Lama, Bikin Mata Alami Kekeringan

Fimela.com, Jakarta Memakai lensa kontak memang bisa bikin kamu terlihat lebih cantik. Warna mata akan menjadi berbeda dan indah. Buat kamu kamu yang mengenakan kaca mata, lensa kontak membantumu merasa lebih nyaman. Soalnya, kamu bebas melakukan segala aktivitas. 

Tapi, sayangnya, orang dengan kondisi mata kering tidak boleh lama-lama menggunakan lensa kontak. Pemakaian yang terlalu lama dapat memperberat gejala kekeringan pada mata.

Dr Atika dari situs Klik Dokter menjelaskan bahwa hampir 50 persen pengguna lensa kontak mengeluhkan kekeringan pada mata.

Karena itu, pasien dengan mata kering, lensa kontak bukanlah solusi terbaik untuk mengoreksi kelainan refraksi.

Sama halnya seperti mata, lensa kontak butuh kelembapan cukup sepanjang hari guna menjaga fungsi tetap optimal.

Menurut dia, kekurangan cairan tubuh, panas ruangan, paparan asap dari mana saja, bisa menyebabkan lensa kontak mengering. Ini sekaligus semakin memperparah kondisi mata yang memang rentan.

Mata Kering Jangan Pakai Lensa Kontak Lama-lama

Buat kamu, seorang pasien mata kering yang tetap ingin memakai lensa kontak, jangan memakainya terlalu lama.

Atika menyarankan, segera lepas lensa kontak saat tidak dibutuhkan. Misalkan, saat akan tidur. Apalagi saat gejala mata kering seperti kemerahan dan perih muncul.

"Dalam kondisi ini, penggunaan air mata buatan serta berbagai bentuk lubrikan khusus mata lain dapat membantu meredakan gejala dari mata kering," kata Atika dikutip dari situs Klik Dokter pada Minggu, 4 Februari 2018.

 

 

Reporter: Aditya Eka Prawira

Sumber: Liputan6.com

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading