Minum Susu Saat Perut Kosong, Bahaya?

Karla Farhana12 Mar 2018, 03:12 WIB
[Bintang] Kim Kardashian

Fimela.com, Jakarta Sarapan dengan susu sudah menjadi rutinitas banyak orang. Sebagian dari mereka mencampurnya dengan sereal, sebagian lagi meminum susu tanpa campuran apa pun. 

Susu memang baik untuk kesehatan. Selain bagus untuk tulang karena kalsiumnya tinggi, susu juga memiliki kandungan zat triptofan yang berfungsi membuat tidur malam Anda menjadi lebih nyenyak.

Namun, menurut pelatih yoga dan pakar kebugaran Mini Shastri, minuman seperti teh, kopi dan susu tak baik dikonsumsi saat perut kosong. Kenapa?

"Mengonsumsi susu saat perut kosong bisa menyebabkan kembung dan memicu risiko asam lambung. Juga, susu memiliki lemak jenuh yang dapat membuat rileks," katanya, seperti dilansir dari Times of India, Rabu (7/3/2018). 

Belum lagi, kata dia, sebagian orang yang tidak biasa mengonsumsi susu sapi saat perut kosong bisa mengalami sakit kepala.

Ganti dengan jeruk nipis hangat

[Bintang] Ilustrasi Buah Jeruk Nipis
Ingin tahu manfaat yang bisa diberikan jeruk nipis? Nomor 2 pasti idaman cewek! (Sumber Foto: The Spruce)

Selain itu, juga minum susu saat perut kosong juga bisa menimbulkan konstipasi.

"Intoleransi protein dapat menyebabkan sembelit. Ketidakmampuan sistem pencernaan untuk mengolah protein dari susu sering menyebabkan konstipasi. Hal ini karena sistem pencernaan tidak berfungsi secara tepat untuk mencerna protein susu sehingga mengganggu pergerakan usus," katanya.

Sebagai gantinya, Mini menyarankan untuk minum air putih saat perut kosong atau perasan jeruk nipis dan air hangat.  

 

Penulis: Fitri Syarifah

Sumber: Liputan6.com

Lanjutkan Membaca ↓