Sukses

Lifestyle

Masalah Ankle Mobility, Tara Basro Tak Bisa Jongkok

Fimela.com, Jakarta Masih ingat dengan bahasan viral soal kenapa nggak semua orang bisa melakukan Asian squat alias jongkok? Sekitar tahun lalu, dunia maya heboh dengan sebuah video yang menyuruh warga Amerika Serikat dan Eropa untuk melakukan jongkok. Mereka menyebutkan Asiansquat. Sayangnya, ternyata nggak semua orang bisa! Bukan cuma orang bule saja yang nggak bisa, tapi juga Tara Basro!

Tara akan jatuh ke belakang kalau memaksa melakukan gerakan fungsional yang seharusnya bisa dilakukan manusia secara normal.

Rahasia ini dia bagikan lewat Instastory yang diunggah pada Jumat, 16 Maret 2018, malam. Dari curahan hati itu, diketahui bahwa ankle mobility Tara Basro tergolong jelek.

"Sebenarnya sedih banget. Jadi banyak hal yang gw suka tapi tidak bisa gw lakukan dengan sempurna," tulis Tara Basro dikutip Health Liputan6.com pada Minggu, 18 Maret 2018.

Di balik kesempurnaan yang tampak dari seorang Tara Basro, tersimpan satu kelemahan yang mungkin membuat orang sulit percaya. Tara Basro tidak bisa jongkok.

Sebab Tara Basro Tak Bisa Jongkok

Di balik kesempurnaan yang tampak dari seorang Tara Basro, tersimpan satu kelemahan yang mungkin membuat orang sulit percaya. Tara Basro tidak bisa jongkok.

Alhasil, Tara yang namanya semakin melejit lewat film Pengabdi Setan, jadi tidak bisa melakukan ragam aktivitas yang menjadi hobinya, seperti menari bali, squats, dan box jump (olahraga melompat ke atas kotak). Untuk berjalan saja, kata Tara Basro, butuh kompensasi yang banyak.

Tara Basro tidak bisa jongkok karena ankle mobility yang jelek. Tara tidak mengungkapkan alasan dia bisa sampai mengalami hal tersebut.

Namun, bila dilihat penjelasan dari situs Box Life Magazine yang ditulis oleh seorang pelatih CrossFit di London, William Imbo, kondisi yang dialami Tara Basro saat ini bisa jadi karena postur tubuh yang buruk sehingga pergelangan kaki berusaha keras untuk bisa seimbang.

Tidak menutup kemungkinan juga akibat cedera di tubuh bagian bawah seperti nyeri lutut (tapi ini kebanyakan terjadi pada atlet). Atau jangan-jangan hal itu merupakan dampak dari terlalu sering memakai sepatu hak tinggi.

"Kebanyakan sepatu memiliki tumit yang sedikit lebih tinggi dari bagian depan sepatu, sehingga memakainya secara berlebihan dapat mengakibatkan hilangnya fleksibilitas secara progresif," tulis William.

 

Masalah yang Ankle Mobility yang Dialami Tara Basro

Gara-gara terungkapnya masalah ini, Tara Basro jadi tahu bahwa salah satu sumber mengapa lutut sering sakit, punggung bawah (lower back) juga sering ngilu sampai menjalar ke pundak, sampai sering sakit kepala, karena masalah di ankle mobility.

Padahal, Tara Basro selama ini menggemari olahraga latihan beban (weight training). Untuk melakukan squat, dia sampai harus mengganjal bagian tumit menggunakan plate (beban berukuran sedang untuk angkat besi). Namun, itu bersifat sementar saja. Menurut Tara, masih dari Instastory yang dia bagikan, hal itu ibarat baju robek yang hanya dipeniti tapi tidak dijahit.

"Sekarang, mulai dari nol lagi. Walaupun awalnya sedih, kesannya cupu banget cuma pakai beban-beban ringan, tapi lebih efektif untuk jangka panjang dan tidak rentan cedera." 

Buat kamu yang juga memiliki masalah yang sama dengan Tara Basro, mungkin bisa melakukan hal serupa seperti artis berkulis eksotis ini. 

 

Penulis: Aditya Eka Prawira

Sumber: Liputan6.com

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading