Jangan Gagal Lagi, Hindari 5 Kesalahan Saat Diet Sehat

Karla Farhana20 Mar 2018, 04:12 WIB
Tetap Sehat Saat Menjalankan Diet CICO (Rosshelen.shutterstock)

Bintang.com, Jakarta Banyaknya proram diet sehat memang menjadi peluang buat para pemula yang ingin menurunkan berat badan, atau cuma sekadar ingin lebih fit. Namun, semakin banyaknya program diet justru kadang membuatmu bingung. 

Nah, bagi Anda yang ingin menjalankan diet sehat, berikut beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan mengutip laman WZZM 13, Jumat (16/3/2018).

1. Konsumsi makanan super berlebihan

Mengonsumsi makanan super alias superfood yang berlebihan malah buruk. Mengonsumsi buah goji dalam jumlah besar tidak akan langsung membuat Anda sehat. 

Cobalah mempraktikkan gaya hidup sehat dan mengonsumsi berbagai buah dan sayuran, protein tanpa lemak, susu rendah lemak, kacang polong, dan karbohidrat kompleks sebagai kunci kesehatan secara keseluruhan.

Selain itu, kombinasikan dengan aktivitas fisik yang konsisten sehingga memberikan manfaat besar untuk kesehatan dalam jangka panjang.

2. Menganggap semua kedelai itu buruk

Semua makanan yang mengandung kedelai, seperti susu kedelai, edamame, tahu, atau tempe, dalam jumlah sedang (1-2 porsi per hari) sebenarnya terbukti berpotensi memberikan efek perlindungan dari kanker. Ketika Anda menjalankan diet sehat, daripada menghindari kedelai lebih baik batasi makanan olahan yang tinggi kandungan garam.

 

2 of 3

Terlalu Fokus pada Makanan yang Dihindari

Antara Nasi Putih dan Gula, Mana Lebih Berisiko Diabetes? (123rf)
Antara Nasi Putih dan Gula, Mana Lebih Berisiko Diabetes? (123rf)

3. Terlalu fokus pada makanan yang dihindari

Beberapa makanan kerap dihindari saat menurunkan berat badan. Diantaranya karbohidrat dan lemak, serta makanan tertentu seperti daging merah dan pisang. Padahal, saat menjalankan gaya hidup sehat yang terpenting adalah mengonsumsi makanan gizi seimbang. 

4. Menghilangkan salah satu kelompok makanan

Menghilangkan salah satu kelompok makanan, misalnya karbohidrat atau lemak, mungkin bisa membuat berat badan bisa turun dalam jangka pendek. Jika dilakukan dalam jangka panjang, hal ini tak menyehatkan tubuh.

Komponen makanan seperti lemak memiliki manfaat pada tubuh diantaranya memberi energi pada tubuh, membantu bekerjanya organ-organ penting dan menyerap vitamin yang larut dalam lemak. Lalu, protein berperan memperbaiki jaringan, sementara karbohidrat menyediakan sumber bahan bakar utama tubuh. Semua kelompok makanan memiliki peran masing-masing yang penting dalam tubuh. 

3 of 3

Terlalu Ketat Batasi Makanan

[Bintang] Pasangan Diet Bareng
Ilustrasi Pasangan Diet Bareng | Sumber Foto: womenshealthmag.com

5. Terlalu ketat

Disiplin menjalankan diet sehat itu baik, tapi tak ada salahnya untuk sedikit fleksibel. Misalnya suatu hari seorang rekan kerja membawa banyak kue dan Anda tergoda untuk mencobanya. Jika sedikit saja, tak membuat berat badan langsung naik. Kuncinya adalah bersikap fleksibel dan tidak menyulitkan diri sendiri.

 

 

Penulis: Melly Febrida

Sumber: Liputan6.com

Lanjutkan Membaca ↓
short desc
7M Ago

Konsep prewed Tasya Kamila bisa menjadi referensi foto prewedmu dengan pasangan.

Selengkapnya
short desc
short desc
7M Ago

Sudah tahu cinta bertepuk sebelah tangan, tapi kenapa masih bertahan?

Selengkapnya
short desc
Ilustrasi ibu hamil bisa mendaftarkan janin dalam JKN-KIS dari BPJS Kesehatan (iStock)
7M Ago

Depresi usai melahirkan? Bumil harus tahu tanda-tandanya.

Selengkapnya
Ilustrasi ibu hamil bisa mendaftarkan janin dalam JKN-KIS dari BPJS Kesehatan (iStock)
7M Ago

Saat ekonominya bagus, dia datang. Saat memburuk, dia menghilang. Should I leave him?

Selengkapnya