Sukses

Lifestyle

SBMPTN 2018, Siap-siap Bersaing di 6 Jurusan Favorit Ini

Fimela.com, Jakarta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 telah dibuka dan kamu bisa mendaftarkan diri secara online sampai tanggal 27 April 2018. Dalam pelaksanaan SBMPTN 2018 ini, tersedia 7.487 kursi dari empat Perguruan tinggi di Jakarta.

"Disediakan 7.487 kursi bagi empat Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang tergabung dalam Panitia Lokal (Panlok) 30 Jakarta," ujar Humas SBMPTN 2018 Panlok 30 Jakarta, Rifelly Dewi Astuti dalam keterangan pers dikutip dari laman Liputan6.

Empat PTN tersebut adalah Universitas Indonesia (UI) Depok, Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN) dan Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Jakarta (UPN).

Bicara soal SBMPTN, ada begitu banyak jurusan atau program studi yang tersedia. Namun beberapa program studi menjadi diincar ribuan orang dan tentunya ini membuat persaingan antar calon mahasiswa semakin sengit.

Buktinya, pada tahun 2017 ada 92.776 peserta SBMPTN yang memilih melanjutkan pendidikan di UI. Program strudi Pendidikan Dokter, Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Hukum pun menjadi jurusan paling diminati tahun lalu.

Program Studi Favorit

Nah itu baru di UI ya, tahun lalu peminat SBMPTN di UNJ mencapai 45.928 peserta, di mana program studi yang banyak diincar adalah manajeman, Psikologi, dan Akuntansi.

Selain itu di UIN Syarif Hidayatullah pada tahun 2017 mendapatkan total peserta sebanyak 29.444 dan kebanyakan mengincar jurusan Manajemen, Psikologi, dan Pendidikan Dokter.

Sedangkan untuk UPN, program studi Kedokteran, Akuntansi, Manajemen menjadi jurusan paling diminati dari 30.156 peserta. Nah sepertinya SBMPTN tahun lalu bisa menjadi gambaran ya untuk kamu yang akan berjuang ikut seleksi masuk perguruan tinggi tahun 2018. Selamat berjuang!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading