Sukses

Lifestyle

Muay Thai: Kick Your Fat Away

Jadwal kerja yang padat dan tingkat stres yang tinggi, memaksa para pekerja untuk bisa mengatur pola hidup mereka dalam menjaga kesehatan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh kita, salah satunya dengan berolahraga. Nggak bisa dipungkiri bahwa kita sangat perlu untuk berolahraga agar tubuh selalu sehat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Coba saja, bandingkan daya tahan tubuh orang yang rutin berolahraga dengan orang yang jarang berolahraga. Pastinya sangat jauh berbeda. Salah satu olahraga yang bisa kamu coba untuk maintain kesehatan adalah Muay Thai.

Muay Thai

Muay Thai adalah seni bela diri yang berasal dari Thailand. Orang barat biasa menyebut Muay Thai dengan istilah Thai Boxing. Muay Thai masuk ke Indonesia kira-kira tahun 2003,” ujar Arief salah satu instruktur Muay Thai di sebuah klub di Jalan Senopati. Jika kamu cepat bosan dengan olahraga yang monoton, Muay Thai bisa jadi alternatif pilihanmu karena olahraga ini cukup dinamis. “Saya memilih Muay Thai awalnya karena pengen menguruskan badan. Tapi, saya bosan dengan olahraga yang monoton dan perlu sesuatu yang menyenangkan, dan Muay Thai adalah olahraga yang seru. Dengan Muay Thai, semua anggota tubuh kita bergerak jadi akan lebih efektif untuk menguruskan badan,” ujar Andien, penyanyi yang menekuni Muay Thai sejak 1,5 tahun lalu. 

Sebagian besar perempuan berolahraga untuk mendapatkan bentuk tubuh yang lebih bagus dan menjaga berat badan. Nah, Muay Thai adalah olahraga yang membakar kalori cukup banyak. Jadi bisa menurunkan berat badan dengan cepat. “Untuk taraf pemula, latihan Muay Thai selama 1 jam bisa membakar sekitar 700 kalori. Dan 90 menit latihan bisa membakar beberapa ribu kalori. Muay Thai pas banget jika kamu pengen membentuk tubuh, tapi itu semua kembali lagi pada kemauan orang yang menjalaninya,” Arief menjelaskan.

Angka yang fantastis, bukan? Dengan rutin latihan, pastinya badan kamu akan terbentuk lebih cepat. “Perubahan yang paling banyak saya rasain itu ke napas dan stamina. Napas saya jadi semakin panjang dan kuat, dan ini sangat berpengaruh pada saya dalam bernyanyi. Suara saya nggak goyang sama sekali. Begitu juga dengan stamina, jadi sangat kuat dan stabil. Yang tadinya gampang banget capek, sekarang malahan jadi lebih enerjik dan nggak gampang sakit,” Andien menegaskan. 

Muay Thai memang termasuk olahraga high impact, tapi nggak usah takut untuk mencoba, karena sesi latihan akan dibuat sesuai dengan tingkat kemampuan orang. “Latihan Muay Thai itu relatif berat. Banyak yang akhirnya menyerah karena setelah latihan pertama atau kedua, seluruh badan rasanya sakit semua. Tapi lama-lama akan terbiasa,” kata Andien lagi. 

Nah, bagaimana dengan kamu? Berminat untuk mencoba?

 

Ini ada beberapa klub Muay Thai di Jakarta yang bisa kamu kunjungi

Ade Rai Club Fitness Senopati

Jln. Senopati No. 7, Jakarta Selatan

Telp. (021) 5263354

Baan Muay Thai Club

Wisma Semeru Lt. Dasar

Jln. Taman Kemang No. 18, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Telp. (021) 7196502

Muay Thai Club

Jln. Biliton No. 11, Menteng, Jakarta Pusat

Telp. (021) 3908556

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading