Wisata Pesisir Kota Tua: Mengenal Jakarta dari Museum Hingga Masjid Keramat

Fimela Editor03 Okt 2012, 06:59 WIB

Next

kota tuaSelain Monumen Nasional (Monas), kota Jakarta juga identik dengan daerah Kota Tua yang terletak tidak jauh dari Stasiun Kota (Beos). Jadi, kalau kamu ingin mengenal Jakarta tempo dulu, Kota Tua wajib banget untuk kamu masukkan ke dalam tujuan wisata sejarah kamu.

Sesuai dengan namanya, wilayah ini memang dikelilingi oleh bangunan-bangunan tua yang bahkan nyaris rusak. Tapi justru, pemandangan seperti inilah yang memang sengaja dicari oleh pengunjung yang datang. Bahkan, lokasi gedung-gedung tua di tempat ini seringkali dijadikan tempat untuk photoshoot.

Wilayah Kota Tua termasuk ke dalam kawasan macet, terutama saat jam pulang kantor. Jadi, kalau kamu ingin bermain-main ke tempat ini, sebaiknya datang agak pagi. Karena selain alasan menghindari kemacetan Jakarta, ada cukup banyak museum yang harus kamu sambangi.

Next

kota tuaPersis di pusat Kota Tua terdapat Museum Sejarah Jakarta yang dahulu dikenal sebagai Museum Fatahillah. Di sini kamu bisa merasakan lagi atmosfer kantor pemerintahan ketika jama penjajahan Belanda.

Berada persis di samping Museum Sejarah Jakarta, terdapat Museum Wayang. Di Museum Wayang kamu akan disuguhkan dengan beragam jenis wayang dari seluruh Indonesia, serta mengenal sejarah wayang lebih jauh.

Puas melihat beragam koleksi wayang, kamu bisa kembali sedikit bergeser untuk menuju Museum Seni Rupa dan Keramik. Di museum ini banyak banget dipamerkan beragam karya seni seni, mulai dari seni lukis dari berbagai jaman, seni rupa berupa patung-patung, dan juga keramik dari seluruh Indonesia dan juga dari beberapa negara lainnya.

Next

kota tuaLelah mengelilingi 3 museum? Eits, jangan dulu. Masih ada Museum Bank Indonesia dan Museum Bank Mandiri yang masih harus kamu kunjungi. Untuk sementara, kamu bisa mengisi tenaga dengan menjajal beragam penjaja makanan yang berjualan di halaman Museum Sejarah Jakarta dan di sekitar Kota Tua. Cukup banyak pilihan makanan di sini, mulai dari makanan gerobakan hingga kafe-kafe. Oh iya, kalau kamu nggak kuat keliling jalan kaki, kamu bisa menyewa sepeda di sini buat berkeliling Kota Tua lho.

Setelah cukup mengisi energi, kamu bisa langsung masuk ke Museum Bank Mandiri dan Museum Bank Indonesia. Sejarah uang Indonesia, berbagai macam alat pencetak uang sejak jaman dahulu, hingga sejarah perbankan di Indonesia bisa kamu dapat informasinya di kedua museum ini.

Next

kota tuaMumpung kamu ada di sekitar Kota, sekalian yuk mampir sebentar ke wilayah Penjaringan. Di sini, kamu bisa mengunjungi masjid keramat bernama Masjid Luar Batang. Masjid Luar Batang merupakan masjid yang menjadi saksi sejarah penyebaran Islam di Jakarta oleh Habib Husein bin Abubakar Alaydrus. Masjid ini dinamakan Masjid Luar Batang karena ketika Habib meninggal dan mayatnya diletakkan di dalam keranda mayat, tiba-tiba keranda pun kosong tanpa ada mayat habib di dalamnya.

Masjid ini ramai dikunjungi dan bisa menjadi sangat padat pada hari-hari tertentu. Karena selain ingin beribadah, banyak juga orang yang ingin berziarah ke makam keramat Habib. So, kamu yang mengaku ingin mengenal Jakarta lebih dekat, wajib banget memasukkan semua destinasi tersebut ke dalam list jalan-jalanmu. Selamat mengenal Jakarta dan kembali ke tempo dulu!

Lanjutkan Membaca ↓