Teknologi & Internet: Modal Minimalis untuk Rintis Bisnis

Fimela Editor10 Apr 2013, 05:59 WIB
Diperbarui 10 Apr 2013, 05:59 WIB

Next

indonesis womenpreneur competitionSemestinya kita patut bersyukur karena saat ini kita hidup di era teknologi yang semakin mengalami kemajuan pesat dari masa ke masa. Smartphone, notebook, netbook, internet, komputer tablet dan segala jenis macam kecanggihan teknologi lainnya kini bisa dengan leluasa kita nikmati, salah satunya adalah untuk merealisasikan ide bisnis yang mungkin telah kamu pendam sekian lama.

Saat ini, tempat usaha bukan lagi masalah utama untuk membuka usaha. Dengan memanfaatkan fasilitas teknologi yang mumpuni dan juga internet yang sudah menjangkau sebagian besar wilayah Indonesia, kita bisa mulai mengubah bisnis yang masih berupa ‘ide’ menjadi sebuah bisnis nyata. Online store merupakan satu contoh nyata bisnis yang dibangun dengan mengandalkan kekuatan internet dan mengoptimalkan kemajuan teknologi.

 

Next

 

indonesis womenpreneur competition“Saya memang sudah sejak lama ingin membuka usaha, hitung-hitung sebagai bekal saya nantinya. Karena keterbatasan modal dan tidak ada tempat khusus maka akhirnya saya memutuskan untuk membuka online store. Dan kebetulan fashion adalah salah satu minat saya, jadilah online store yang menjual berbagai macam pakaian perempuan yang saya sebut Deary Outlet. Kenapa saya merasa mantap membuka online store karena saya pikir dengan mengandalkan kekuatan teknologi kita bisa memangkas habis biaya untuk sewa tempat. Walaupun risikonya kita harus menyediakan gadget lebih dari satu agar bisa mengakomodasi konsumen dan keperluan kerja, tapi saya pikir biaya untuk itu semua tidak seberapa jika dibandingkan harus mengeluarkan biaya sewa tempat,” ujar Ariny, 25, karyawan swasta dan pemilik online store Deary Outlet.

Bukan hanya untuk merintis usaha, namun keberadaan teknologi yang didukung oleh internet juga bisa digunakan sebagai media promo “gratis” untuk membesarkan bisnis-bisnis kita. Banyaknya para pemilik usaha yang sadar akan fungsi teknologi yang semakin meluas maka mereka pun tidak segan untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi dan internet sebagai alat promosi. Social media adalah salah satu contoh media promosi yang banyak digunakan para pengusaha untuk mengiklankan produk-produk mereka tanpa harus membayar pajak retribusi.

Next

 

indonesia womenpreneur competitionPrabu Revolusi, presenter TV yang juga berperan sebagai pemilik kedai kopi GreatDay Indonesia merupakan segelintir pengusaha yang sadar akan fungsi dan manfaat social media yang bisa mempublikasikan produk mereka di berbagai lapisan masyarakat, Prabu pun tidak segan menggunakan akun pribadi Twitter miliknya untuk mempromosikan kedai kopi yang kini telah memiliki 6 outlet yang tersebar di Jakarta.

“Salah satu media promosi yang saya gunakan adalah Twitter, baik dengan menggunakan akun pribadi saya maupun melalui akun resmi yang saya buat untuk GreatDay Indonesia. Dan memang salah satu cara yang saya gunakan untuk meyakinkan konsumen terhadap kualitas produk yang saya tawarkan adalah melalui aktivitas social media kami. Sebisa mungkin kami nggak melulu melakukan hard selling di Twitter, tapi sesekali juga berbagi pengetahuan tentang produk kami. Melalui cara berkomunikasi yang tidak murahan di social media saya pikir bisa membantu untuk mengembangkan usaha saya yang baru berusia 5 bulan ini. Perlahan brand image dan brand awareness pun dengan sendirinya akan terbentuk,” Prabu berbagi saat dihubungi FIMELA.com lewat telepon. Jika mereka bisa mulai merealisasikan dan mengembangkan usaha mereka dengan mengoptimalkan teknologi yang tersedia saat ini, kenapa kamu tidak?

Next

 

indonesia womenpreneur competitionBukan tidak mungkin ide bisnismu yang selama ini hanya terpendam di dalam angan-angan bisa menetas menjadi sebuah bisnis besar yang hebat. Ingin tahu lebih lanjut tentang cara mengoptimalkan teknologi untuk mewujudkan ide bisnis menjadi kenyataan? Gabung di acara Indonesia WomenPreneur Competition (IWC), sebuah kompetisi untuk mencari bibit-bibit pengusaha yang diadakan oleh Indosat dan FIMELA.com serta didukung oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia.

Dalam kompetisi tersebut, kamu akan bersaing dengan para perempuan cerdas, kreatif, dan berbakat lainnya dari seluruh Indonesia yang akan berlomba memperjuangkan ide bisnis mereka untuk direalisasikan menjadi bisnis nyata. Mau tahu lebih banyak lagi tentang Indonesia WomenPreneur Competition dan ingin ambil bagian di dalamnya? Buruan klik di sini!

Lanjutkan Membaca ↓