Liburan Seru Anti Ribet

Vera Erwaty Ismainy25 Mar 2015, 17:34 WIB

Jakarta Tanpa terasa waktu liburan sudah tiba. Para orang tua biasanya akan mengajak anak-anak menghabiskan waktu liburan dengan berbagai kegiatan. Sayangnya liburan seru seringkali membuat keuangan membengkak. Padahal ada lho beberapa alternatif kegiatan liburan yang mudah dan murah.

Mengunjungi rumah keluarga

Waktu liburan sangat ideal untuk dihabiskan dengan keluarga besar. Selain mendapatkan suasana berbeda, anak-anak juga dapat berinteraksi dengan keluarga yang jarang mereka temui. Pilihlah saudara yang usia anaknya sama dengan usia anakmu, dengan begitu mereka bisa bermain bersama. Untuk menambah keakraban, buatlah makananmu sendiri untuk di perjalanan agar kebersihannya terjaga.

Berkemah di halaman rumah

Manfaatkan halaman rumah untuk berkemah. Libatkan anak-anak dalam kegiatan sebagaimana berkemah yang sesungguhnya seperti memasang tenda bersama, memasak dan membuat permainan-permainan seru yang berhubungan dengan alam. Selain seru, kegiatan ini juga mengajarkan kepada anak bagaimana berinteraksi dengan alam.

Berkunjung ke museum

Moms, mengunjungi museum membawa manfaat yang banyak lho! Anak-anak bisa berjalan-jalan sekaligus mendapatkan pengetahuan dari apa yang dia lihat. Agar maksimal, sebaiknya jangan terlalu lama menghabiskan waktu di satu museum karena anak-anak biasanya cepat bosan. Jadilah pembimbing wisata dadakan untuk anak-anakmu supaya hubungan kalian semakin dekat.

Ajarkan permainan tradisional

Pesatnya perkembangan teknologi membuat anak-anak tidak mengenal permainan tradisional. Mengenalkan mereka kepada permainan tradisional seperti congklak, ular tangga dan halma bisa jadi ide liburan yang bagus. Nggak cuma permainan yang bisa dilakukan di dalam ruangan, ajak juga anak-anak ke luar rumah untuk bermain petak umpet, gobak sodor, benteng dan lain-lain. Ada dua hal positif sekaligus disini yaitu kamu bisa semakin dekat dengan anak dan ikut melestarikan permainan yang sudah jarang dimainkan.

Ajak anak memasak

Kamu bisa mengajak anak-anakmu memasak masakan atau membuat kue yang proses pengerjaannya nggak susah. Jangan lupa memberinya kesempatan untuk mengekplorasi apa yang dia mau agar kegiatan ini menimbulkan kesenangan bagi anak-anak. Jangan takut dapurmu kotor ya Moms.

Nonton fim di rumah

Nggak usah jauh-jauh mengajak si buah hati untuk nonton film. Cukup kamu sewa atau beli film pilihan anak agar mereka antusias. Sembari menemani mereka, kamu dapat menjalin komunikasi dengan anak yang mungkin jarang dilakukan sehari-hari.

 

mybmw.co.id