Ini Cara Efektif Menghemat Budget Fotografi Saat Pernikahan

Vera Erwaty Ismainy07 Jul 2015, 11:00 WIB

Jakarta Salah satu hal yang harus kamu perhatikan saata menyelenggarakan pesta pernikahan adalah dokumentasi, Fimelova. Sebagai salah satu momen paling penting dalam hidup, kamu patut mendokumentasikan pernikahanmu dengan baik dengan memilih fotografer wedding yang tepat. Tapi terkadang hal ini seringkali tidak sesuai dengan budget yang tersedia. Eits, jangan khawatir. Ada beberapa cara efektif yang bisa kamu lakukan untuk menghemat budget fotografi di pesta pernikahanmu.


1.Pilih paket foto yang sesuai dengan kebutuhan
Selalu ada pilihan lain untuk bisa menghemat pengeluaran. Salah satunya dengan memilih paket foto pernikahan yang tepat. Kamu tidak perlu mencetak atau membuat album penikahan terlalu banyak. Cukup miliki sebuah album pernikahan, dan sisanya tetap bisa kamu simpan dalam bentuk soft copy.

2.Rencanakan rundown acara
Konsultasikan dengan fotografer wedding yang kamu sewa, bagaimana membuat rundown yang baik. Kamu bisa memetakan momen-momen penting mana saja yang bisa mereka ambil untuk melengkapi dokumentasi pernikahan kamu. Dengan begitu, penggunaan waktu yang lebih efektif bisa saja berpengaruh kepada budget kamu dan tim fotografi.

3.Gunakan satu fotografer saja
Jika pesta pernikahan kamu tidak terlalu besar, satu fotografer sepertinya mampu mendokumentasikan seluruh pesta. Tanpa harus menyewa fotografer kedua ataupun ketiga, kamu bisa menghemat budget hingga 80 persen, Fimelova.

4.Temukan fotografer yang tepat
Seringkali yang terjadi, kamu sudah suka dengan seorang fotografer namun tidak cocok dengan harganya? Tanya kepada tim fotografer tersebut apakah mereka memiliki rekomendasi lain. Kamu juga bisa mencari fotografer yang memiliki gaya yang sama dengan paket yang lebih terjangkau. Dengan begitu kamu pun bisa mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan.

Foto: Jessica Loren
Penulis: Andwi F. Larasati