Play-Doh, Karya Seni Jeff Koons Senilai 20 Juta Dollar dan Waktu Produksi 20 Tahun

Melida Rostika04 Apr 2018, 13:35 WIB

Jakarta Jeff Koons, seniman asal Amerika yang terkenal berkat karya seni Balloon Dog nya ini selalu hadirkan satu yang baru. Tak jauh-jauh, karya yang ia ciptakan identik dengan benda-benda di kehidupan sehari-hari. Untuk karya terbaru yang ia pamerkan, Jeff Koons menciptakan patung dengan bahan alumunium berbentuk setumpuk mainan lilin anak-anak, Play Doh. 

Jeff Koons mengaku terinspirasi saat melihat anaknya yang saat itu masih balita, tengah asyik bermain Play Doh.  Potongan-potongan aluminium ditempa dan dilekuk dengan tangan dingin sang seniman, dengan detail pada setiap lekukan untuk menciptakan efek retak realistis pada patung ini. Benar saja, dengan ketekunan dan ketelitian, proses pembuatan karya ini menghabiskan waktu sampai  20 tahun lamanya. 

Baca juga :

Ternyata Pangeran Harry Jalani Diet Khusus untuk Tampil Menawan di Hari Pernikahan

Bertajuk Play-Doh, patung ikonik ini tengah dipamerkan dan dilelang di galeri dan tempat pelelangan karya seni Christie’s. Karya yang dikontribusikan untuk dunia seni Eropa ini dikabarkan setidaknya akan dilelang dengan harga mulai dari $ 20 juta dollar. Untuk sebuah karya seni yang menghabiskan waktu 2 dekade dan ketelitian serta cinta sang seniman, apakah harga ini cukup sepadan?

Baca juga :

Perceraian Channing Tatum yang Tanpa Tanda Undang Perdebatan di Instagram

(Pic: Hypebeast )