Diet Sukses: Cara Turunkan Berat Badan saat Puasa Ramadan

fitriandiani25 Mei 2018, 16:25 WIB
Diet Sukses: Strategi Turunkan Berat Badan Saat Puasa Ramadan

Bintang.com, Jakarta Puasa Ramadan seringkali diharapkan jadi momen pas untuk melancarkan aksi diet dan menurunkan berat badan. Tidak makan selama belasan jam seharusnya bisa memberi hasil maksimal, tapi kenyataannya di akhir Ramadan berati badan malah bertambah.

Apakah kamu mengalaminya? Kalau iya, berarti ada yang salah dengan pola makanmu selama puasa Ramadan. Umumnya kesalahan terjadi pada pemilihan menu dan cara makanmu selama puasa.

Tidak makan selama belasan jam bukan berarti kamu bebas makan apa saja setelah buka puasa. Kalau caramu begitu, tak heran jika berat badan malah bertambah saat puasa.

Bagaimana cara yang tepat untuk menurunkan berat badan saat puasa? Simak di bawah ini penjelasannya!

1. Perbanyak makan serat dan protein saat sahur serta buka puasaKesampingkan soal kalori. Pastikan dalam seporsi makan sahur maupun buka puasamu, kandungan serat dan proteinnya tinggi. Makan makanan tinggi serat dan protein akan membantumu merasa kenyang lebih lama. Ini adalah kunci diet sukses saat puasa.

Cara Sukseskan Diet dengan Puasa

Cara Sukseskan Diet dengan Puasa
Diet sukses dengan puasa. (lenetstan/Shutterstock)

2. Hindari makanan dan minuman manis

Sugar is the sweetest enemy! Jauhi gula kalau kamu mau dietmu sukses menurunkan berat badan, terutama saat puasa Ramadan ini. Jangan minum sirup, teh manis, kolak atau yang manis-manis lainnya terus-terusan saat berbuka puasa. Saat puasa gula akan lebih sulit dicerna tubuh, dan gula yang terlalu sulit dicerna itu akan tersimpan sebagai lemak. Perbanyak minum air putih sejak buka sampai sahur.

3. Jaga porsi makan

Makan berlebihan bisa meningkatkan gula darah secara tiba-tiba, dan tubuh tidak bisa mengolah gula tersebut dengan efektif selama puasa. Jadi, kalau tidak mau berat badan malah bertambah, jauhi prinspip "balas dendam" saat berbuka puasa.

Untuk menghindari makan berlebihan, pakai piring dengan ukuran yang lebih kecil.

Bukan Cuma Makan, Aktivitas Tertentu Juga Perlu Diperhatikan Untuk Mendukung Diet Sukses

Cara Sukseskan Diet dengan Puasa
Ilustrasi waktu tidur (iStockphoto)

4. Tidur cukup

Pola tidur pasti berubah selama Ramadan, nah ini adalah PR kamu untuk menemukan pola yang tepat agar kebutuhan tidurmu sehari-hari tetap terpenuhi.

Kurang tidur bisa mengacaukan sistem metabolisme yang pada akhirnya membuat pembakaran lemak tidak efektif. Selain itu, kurang tidur juga meningkatkan kadar hormon ghrelin yang menyebabkan nafsu makan bertambah.

5. Tetap olahraga

Tidak makan banyak pun bukan berarti kamu bebas bermalas-malasan. Justru, olahraga saat puasa adalah penyempurna dietmu untuk menurunkan berat badan! 

Kalau mau puasa Ramadan ini berhasil turunkan berat badanmu, terapkan cara-cara yang telah disebutkan di atas tadi, ya!

Lanjutkan Membaca ↓