Sukses

Lifestyle

Kenapa Kamu Sering Mengantuk Saat Puasa?

Fimela.com, Jakarta Tak terasa, Lebaran sudah semakin dekat. Kegiatanmu kini pasti bertambah banyak. Soalnya, selain harus mengurusi pekerjaan dan juga kegiatan sehari-hari, kamu juga harus memikirkan urusan Lebaran. 

Misalnya, menyiapkan uang untuk berbagi THR kepada sanak saudara, juga persiapan membuat kue Idul Fitri. Tapi, kadang kegiatan menjadi terganggu atau bahkan tertunda karena kamu sering banget mengantuk. 

Padahal, sebelum bangun untuk sahur, kamu sudah tidur cukup dan nyenyak. Memang, kadang kamu nggak tidur lagi usai sahur. Tapi, meskipun sudah tidur lagi pun kamu tetap saja mengantuk di siang hari. Kenapa, ya?

Sebuah studi yang dilakukan Department of Pharmacology, Faculty of Medicine and Pharmacy, Kasablanka, Maroko menunjukkan, kalau memang puasa Ramadan meningkatkan rasa kantuk di siang hari. 

Dalam penelitian tersebut, para peneliti mengamati 8 pria sehat menggunakan analisis kuantitatif waking electroencephalograph (EEG) dan juga prosedur multiple sleep latency test (MSLT). 

 

 

 

Puasa Memang Bikin Mengantuk

Dari penelitian tersebut, menunjukkan kalau puasa Ramadan memang membuat kamu lebih mengantk di siang hari.

Kedelapan orang yang diteliti semuanya mengalami peningkatan rasa kantuk pada saat puasa, dibandingkan dengan sebelum Ramadan. 

Kenapa Bisa Mengantuk?

Penelitian tersebut tak menjawab alasan kenapa kamu sering mengantuk saat puasa. Tapi, dilansir dari Livestrong, kadar air mineral yang ada di tubuh biasanya lebih banyak berkurang saat berpuasa. 

Hal ini mengakibatkan kamu jadi mudah lelah dan sering mengantuk. Untuk itu, kamu mungkin bisa mengatur waktu untuk minum lebih banyak air mineral. Terutama pada saat sahur. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading