Sukses

Lifestyle

4 Alasan Kenapa Tubuh Kamu Gampang Memar

Fimela.com, Jakarta Memar memang bakal muncul di permukaan kulit ketika kamu mengalami benturan. Sebenarnya, memar ini merupakan reaksi tubuh dari cedera ringan pada pembuluh darah di bawah permukaan kulit. 

Dilansir dari Cleveland Clinic, saat pembuluh darah rusak, darah bisa keluar dan memberikan perubahan warna biru dan merah, atau ungu kehitam-hitaman. 

Tapi, apa artinya kalau memar itu selalu muncul? Bahkan, kamu bisa saja terkejut saat menemukan memar itu di tangan, pinggang, perut, kaki, dan bagian tubuh lainnya. Soalnya, kamu nggak tahu kenapa bisa muncul memar. 

Padahal, seinget kamu, bagian tubuhmu itu nggak kepentok apa-apa, kok! Kenapa bisa tubuhmu mudah sekali memar? Ternyata, dilansir dari Prevention, ada beberapa faktor yang bikin seseorang lebih mudah muncul memar dibandingkan dengan orang lain. 

1. Cewek memang lebih gampang memar

Ini memang nggak adil, apa lagi sekarang sudah zamannya keseteraan gender. Tapi, Prevention menulis, cewek memang lebih mudah memar dibandingkan cowok. Ini karena kulit cowok lebih tebal, lebih banyak kolagennya sehingga membuat pembuluh darah lebih aman dari benturan dan juga trauma. 

2. Sudah lanjut usia

Orang-orang yang sudah lanjut usia, baik pria atau juga wanita, lebih mudah mendapatkan memar pada tubuhnya. Karena, kulitmu akan menjadi semakin tipis seiring dengan bertambahnya usia. 

Sehingga, kulit menjadi kurang ketebalannya untuk melindungi pembuluh darah. Makanya, kalau ada kakek atau nenek yang terbentur sedikit saja, pasti nanti akan timbul memar. 

3. Punya penyakit

Orang-orang yang menderita hemofilia dan vob Willebrand bisa menimbulkan memar. Hemofilia merupaka penyakit langka yang membuat kepingan darah nggak bisa membeku.

Sementara von Willebrand merupakan penyakit yang mirip dengan hemofilia, namun lebih ringan. Dilansir dari Prevention, orang yang mengidap penyakit ini biasanya sering berdarah saat pemeriksaan gigi, mimisan yang sulit berhenti, kencing dan BAB berdarah, juga darah menstruasi yang sangat banyak. 

4. Kurang Vitamin

Ternyata, sering memar juga bsia jadi tanda kalau kamu kekurangan vitamin. Terutama vitamin C dan K. Biasanya, faktor ini dimiliki banyak orang yang tinggal di negara berkembang dan miskin. 

Kebanyakan anak-anak yang kekurangan gizi juga mudah memar. Karena mereka kekurangan asupan berbagai macam vitamin dan gizi lain. 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading