Sukses

Lifestyle

True Story! Isi Kotak Seserahan Para Artis dan Makna Seserahan Sesungguhnya

Fimela.com, Jakarta Perhelatan pernikahan tak terlepas dari budaya serta adat istiadat yang melatarbelakangi kedua mempelai. Di satu sisi, budaya yang dibawa ini membuat pernikahan jadi semakin menyenangkan, di sisi lain itu bisa jadi keribetan tersendiri.

Salah satu bagian dari budaya yang pasti ada dalam rangkaian pernikahan adalah 'seserahan'. Seserahan ini merupakan simbol dari nafkah yang diberikan pihak laki-laki kepada pihak perempuan.

Biasanya isi seserahan tersebut merupakan barang-barang kebutuhan perempuan mulai dari ujung kaki sampai ujung kepala. Seperti sepatu, baju, alat salat, makeup, alat mandi bahkan alat makan. Untuk seserahan ini, tentu saja disesuaikan dengan kemampuan pasangan.

Tak ada batasan harus memberi barang-barang murah atau yang termahal sekalipun. Kalau pasangannya menyanggupi memberi yang mewah dan pada kenyataannya juga mereka mampu, ya kenapa tidak?

Seserahan juga bisa berupa barang-barang yang tak terpikirkan, lho. Intinya, sesuai request dan kemampuan, lah. Tapi kamu pernah kepikiran tidak sih, seperti apa isi kotak seserahan para artis? Secara, dari segi kemampuan mereka sudah tergolong mapan, bahkan berlebih.

Isi Seserahan Mewah Para Artis

Tasya Kamila yang baru-baru ini melangsungkan prosesi lamaran dengan kekasihnya, Randi Bachtiar, termasuk golongan yang mendapatkan seserahan 'mewah'. Berdasarkan foto-foto yang diunggah dalam instagram vendor perias seserahan mereka, barang seserahan Tasya dan Rendi di antaranya sepasang sepatu berwarna silver dari Stella McCartney, sling bag dan parfum dari brand Coach, sunglasses Louis Vuitton, iPhone X, tas mewah merk Dior, dan beberapa barang lelaki yang juga berasal dari brand high end persempahan Tasya untuk Randi. Bayangkan saja, berapa total nominal seserahan mereka.

Salah satu selebritis Indonesia yang memberikan barang seserahan 'unik' adalah Zaky Zimah. Alih-alih memberikan barang-barang keperluan sang calon mempelai, Zaky hanya memberikan tiga buah kotak seserahan berisikan kalung emas, kartu ATM, dan kunci mobil. Hmm, kalau kamu prefer diberikan barang, atau 'mentahnya' saja seperti yang diberikan Zaky, girls?

Asal Usul Tradisi Seserahan

Tidak ada teori pasti mengenai asal-usul tradisi seserahan pranikah ini. Seserahan dipercaya sebagai 'warisan' nenek moyang yang bertahan dan dipertahankan sampai kini. Seperti yang tadi telah dibahas, seserahan merupakan simbol dari nafkah yang diberikan pihak lelaki untuk pihak perempuan.

Dalam adat Jawa, seserahan diberikan pada acara midodareni, atau ngeyeuk seureuh dalam adat Sunda, yang dilaksanakan sehari sebelum akad. Tapi juga tidak menutup kemungkinan seserahan diberikan menjelang akad. Mengenai berapa banyaknya barang, dalam adat Jawa dipercaya seserahan sebaiknya diberikan dalam jumlah yang ganjil.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading