3 Bahan Alami yang Bisa Jadi Obat Asam Urat

Karla Farhana03 Agu 2018, 11:02 WIB
Asam Urat dan Rematik, Serupa Tapi Tak Sama (Wavebreakmedia/Shutterstock)

Bintang.com, Jakarta Asam urat identik dengan penyakit orang tua. Namun, siapa sangka kalau penyakit yang memberikan rasa nyeri pada persendian ini ternyata juga menyerang anak-anak muda usia 20-an tahun. 

Biasanya, tulis Hello Sehat, asam urat muncul pada usia muda lantaran makanan dan minuman yang mereka konsumsi. Seperti jeroan, makanan laut, dan juga daging merah. 

Selain itu, anak-anak muda yang terlalu sering minum minuman beralkohol juga rawan terkena asam urat. Para pasien biasanya harus minum obat untuk meredakan nyeri pada persendian. 

Selain obat kimiawi yang biasanya akan diberikan dokter, juga ada banyak obat alami yang bisa menyembuhkan dan meredakan nyeri persendian. 

Dilansir dari Vemale, ada beberapa cara alami yang bisa kamu pilih untuk menyembuhkan asam urat

Cuka Apel

Cuka Apel
Cuka Apel (iStockphoto)​

 

Cuka apel yang biasanya dibuat untuk makanan dan juga toner wajah, ternyata berkhasiat menyembuhkan asam urat. Dilansir dari Vemale, cuka apel bisa mengurangi rasa sakit pada persendirian. 

Pasalnya, cuka apel mengandung anti inflamasi. Kamu nggak perlu minum banyak-banyak. Cukup 1 sendok makan dicampurkan dengan madu dan air hangat. Minum saja setiap pagi hingga nyeri pada persendian reda atau benar-benar hilang. 

Jahe

Jahe
Ilustrasi jahe (iStockphoto)

Jahe biasanya tersedia kapan pun di dapur sebagai bumbu makanan. Tapi, kamu bisa memanfaatkannya juga untuk menyembuhkan asam urat. 

Vemale menulis, jahe mengandung anti inflamasi yang bisa membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan. Selain itu, jahe juga bersifat analgesik. Minum saja air rebusannya setiap pagi untuk menghentikan rasa nyeri di persendian. 

Pisang

Ingin Tingkatkan Kualitas Sperma Konsumsi Makanan Ini Pisang By (Brent-Hofacker/Shutterstock)
Ingin Tingkatkan Kualitas Sperma Konsumsi Makanan Ini Pisang By (Brent-Hofacker/Shutterstock)

Kalau kamu nggak suka jahe, kamu bisa cari obat asam urat yang raasanya enak. Sekaligu bisa bikin kenyang juga, lho! Ya, buah pisang yang mengandung potasium bisa membantu mengubah kristal asam urat menjadi cair. Sehingga, cairan tersebut bisa keluar dari dalam tubuh dengan mudah. 

Idealnya, Vemale menulis, kamu butuh 2 buah pisang setiap hari untuk meredakan nyeri pada persendiian. 

Lanjutkan Membaca ↓