Editor Says: Langsing dengan Bakar Kalori Saat Terlelap

Karla Farhana10 Agu 2018, 13:16 WIB
Ilustrasi tidur siang (iStockphoto)

Fimela.com, Jakarta Memiliki tubuh langsing memang harus melakukan berbagai usaha. Soalnya, bagi beberapa orang, agak sulit untuk memelihara dan mempertahankan. Apa lagi untuk menurunkan berat badan. 

Tergantung dengan metabolisme tubuh masing-masing, beberapa orang membutuhkan waktu yang nggak lama untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan. 

Tapi, bagi sebagian orang lainnya, membutuhkan usaha keras untuk membakar lemak. Mereka harus olahraga dengan rutin, paling nggak 3 kali dalam seminggu. 

Juga melakukan diet ketat seperti diet keto, vegan, dan lain sebagainya. Tentu saja, kalau membicarakan soal diet ketat, mereka pun harus menghitung kalori dari setiap makanan dan minuman yang mereka konsumsi. 

Tapi, sebagian besar orang lupa satu faktor lagi yang bisa membantu mempercepat penurunan berat badan. Yaitu tidur cukup dan berkualitas. 

Masalahnya, nggak semua orang merasa tidur itu penting banget untuk diet. Kebanyakan orang mengatur waktu tidurnya hanya untuk beristirahat saja. 

Padahal, ada banyak proses yang terjadi dalam tubuh selama kamu terlelap. Termasuk perbaikan sel-sel yang rusak dan telah mati. 

Selain itu, situs Body Building menulis, kurangnya waktu tidur sangat besar efeknya untuk dietmu. Soalnya, kurang tidur akan meningkatkan level kortisol di siang hari. Jadi, kortisol ini adalah hormon yang dikeluarkan tubuh untuk memecah jaringan tubuh. 

Selain ketika kamu kekurangan tidur, kortisol juga meningkat saat kamu stres. Berhubungan dengan hal ini, tubuh juga mengalami stres ketika kamu melakukan diet. Soalnya, kamu membatasi asupan kalori. Selain itu, banyak orang yang mengeluh tak kunjung langsing meski sudah berolahraga secara rutin. And guess what, mungkin salah satu penyebabnya adalah kurang tidur. 

Kenapa Tidur Penting Saat Diet?

Kombinasi Dahsyat Minum Kopi dan Tidur Siang (VGstockstudio/Shutterstock)
Kombinasi Dahsyat Minum Kopi dan Tidur Siang (VGstockstudio/Shutterstock)

Kamu yang ingin menurunkan berat badan nggak bisa cuma olahraga saja. Tapi juga harus melakukan hal lain saat berdiet. Seperti mengontrol asupan makanan dan juga tidur. 

Ya, kualitas dan lamanya kamu tidur setiap malam itu memengaruhi seberapa efektif semuaa usahamu di gym. Jangan harap berat badan bakal cepat turun kalau kamu kurang tidur. 

Body Building menulis, meskipun kamu kerja keras di gym dan bahkan melakukan segudang excercise setiap minggunya, berat badan nggak bakal turun dengan cepat. 

Terus, apa hubungannya tidur dengan pembakaran kalori dan penurunan berat badan? Jadi, ketika kamu melakukan olahraga, baik untuk membentuk otot dan juga membakar lemak, kamu tetap butuh tidur berkualitas dan minimal 7-8 jam. 

Karena, Body Building menulis, sel-sel dan jaringan yang rusak akibat kamu berlatih sangat keras di gym akan diperbaiki pada saat kamu tidur. Makanya, kalau ingin melakukan diet dengan efektif, lebih baik kamu juga mengatur tidur dengan baik dan pastikan 7-8 jam yang berkualitas. 

 

 

 

Karla Farhana, 

 

Editor Says Bintang.com

Lanjutkan Membaca ↓