Tips menghentikan perut kembung selama masa haid

Karla Farhana24 Sep 2018, 13:00 WIB
[Fimela] Ilsutrasi Menstruasi

Fimela.com, Jakarta Masa selama haid berlangsung memang sangat menyiksa bagi sebagian perempuan. Kita, yang setiap bulannya pasti mengalami masa menstruasi, sebenarnya sudah terbiasa dengan rasa mulas dan pegal-pegal di satu atau dua hari pertama. 

Tapi, bagi sebagian perempuan, rasa pegal dan mulas tersebut bahkan tidak tertahankan. Akibatnya, pekerjaan dan aktivitas pun jdi terhambat. 

Haid bukan cuma menimbulkan rasa sakit dan pegal. Beberapa perempuan mengaku merasa kembung selama beberapa hari pertama bahkan sepanjang masa haid. 

Rasa kembung tersebut memang sangat mengganggu. Dilansir dari Women's Health Magazine, tingginya Progesterone selama masa haid bisa melambatkan kerja saluran pencernaan. 

Sehingga, kita bisa merasa sangat kembung dan perut penuh dengan gas. Jangan khawatir, rasa kembung selama masa haid sebenarnya bisa kamu atasi dengan mudah. 

[Fimela] Pisang
Ilsutrasi makanan berpotasium, pisang | unsplash.com

Ada banyak cara untuk menghilangkan perut kembung selama masa haid. Mulai dari minum obat dari dokter, obat herbal yang bisa mengeluarkan gas dari lambung, juga dengan mengonsumsi makanan kaya akan potasium dan juga protein. 

Prevention menulis, makanan berpotasium tinggi, seperti pisang, tomat, dan asparagus bisa membantu menyeimbangkan cairan dalam tubuh. 

Selain itu, mengonsumsi makanan mengandung lemak baik seperti chia, kacang-kacangan, dan salmon juga bisa membantu menurunkan prostaglandin, kelompok hormon yang menyebabkan perut kembung dan kontraksi pada otot selama masa haid berlangsung.