Curhat para istri yang nyaris #2019GantiMertua dan solusinya

Novi Nadya04 Okt 2018, 14:30 WIB
Ibu mertua

Fimela.com, Jakarta Tagar 2019 Ganti Mertua tengah ramai diperbincangkan di linimasa. Hestek yang trending tersebut dipicu lewat klarifikasi hoax yang disampaikan seniman dan aktivis Ratna Sarumpaet.

Netizen pun meramaikan #2019GantiMertua yang ditunjukkan untuk menantu Ratna Sarumpaet, Rio Dewanto. Rasa simpati sekaligus sindiran ditunjukkan pada suami Atiqah Hasiholan tersebut.

Sebenarnya, hal tersebut bisa dialami semua orang yang berumahtangga. Berikut ini beberapa curahan hati para istri pada ibu mertua, bagaimana menghadapi, dan solusinya.

Lebih Sering Ngebatin dan Diam

"Mertuaku tipe orang yang enggak bisa dibantah. Jadi ya tebal-tebalin telinga sama muka aja. Aku lebih sering ngebatin jadinya, kalau diomelin diemin aja juga," ujar Ria (33 tahun).

Solusi

"Mikirnya awalnya ibu mertua sudah jadi orangtua sendiri. Kalau diomelin ya diem aja. Kembali lagi ke faktor pasangan yang sangat memengaruhi. Bagus kalau pasangan bisa menengahi konflik sama ortunya," lanjutnya.

Tabu

"Jangan pernah keluar omongan pilih istri atau ibu. Bakal dosanya ke kita."

Ngeloyor Sampai Cuek Bebek

Ibu mertua dan menantu
Ibu mertua dan menantu (Foto: Unsplash)

Ngeloyor Sampai Situasi Kondusif

"Awalnya kalau cekcok atau enggak sreg, gue nurut. Lama-lama pas tahu selanya gue suka kasih pendapat juga. Diterima bagus, kalau ditolak ngeloyor aja sampai dia adem sendiri," curhat Delima (30 tahun).

Solusi

"Sering-sering komunikasi tanya pendapat suami dan pintar baca-baca keadaan mertua. Kalau sekiranya lagi bad mood atau rusuh, gue jauh-jauh," lanjutnya.

Cuek Bebek Biar Enggak Stres

"Saya dapat ibu mertua yang suka ngatur dan bawel parah, (Maaf ya Bu). Saya lebih memilih mengalah aja. Tapi kalau yang baik dengerin, abis itu cuek bebek lagi," ujar Sissy (31 tahun).

Solusi

"Serius, deh, cuekin aja kalau lagi keluar bawelnya. Daripada kita yang stres. Kadang ngerasa enggak baik, tapi mau gimana lagi, cuek bebek is the best," tambahnya.

Kalahkan Ego dan Berpikir Positif

Ibu Mertua dan menantu
Ibu mertua dan menantu (Photo by NELBali Photography on Unsplash)

Positive Thinking

"Pernah waktu masih serumah sama mertua dan suami masih ngantor. Suami pulang dini hari dan negur aku katanya enggak nemani mamanya yang sakit. Padahal 1 jam sebelum ngobrol sama aku sehat-sehat aja," cerita Gabby (28 tahun).

Solusi

"So far yang paling menenangkan aku adalah positive thinking. Sudah tua, yaudah lebih banyak ngalah aja. Enggak dibahas dan dipermasalahin lagi."

Masukkan dari semua istri dalam menghadapi mertua adalah pintar dalam memilah permasalah apa yang harus dibahas atau disudahi dengan cara diam dan mengalah.

"Sebab kalau tidak begitu, amit-amit jangan sampai bisa-bisa nyaris #2019gantimertua. Harus bisa nahan ego dan lancar komunikasi sama pasangan tentang mertua. Karena biasanya para suami berada di posisi yang enggak enak kayak buah simalakama," ujar keempatnya kompak.

Lanjutkan Membaca ↓
Nusantara Fashion Festival 2020 : Fashion Talks