Cara menyimpan cabai agar tahan lama dan tidak mudah busuk

Mimi Rohmitriasih23 Okt 2018, 14:34 WIB
Diperbarui 23 Okt 2018, 14:34 WIB
cabai

Fimela.com, Jakarta Bagi masyarakat Indonesia, cabai menjadi salah satu bumbu masak yang wajib ada di dapur. Masakan tanpa rasa pedas rasanya kurang menarik dan menggugah selera. Karena itulah, tidak sedikit orang yang membeli cabai dalam jumlah cukup banyak.

Agar cabai dengan jumlah banyak tidak mudah layu atau membusuk, kira-kira bagaimana cara untuk menyimpannya? Untuk menyimpan cabai sendiri sebenarnya sangat mudah. Kita hanya perlu menyimpan cabai di dalam lemari es. Cabai yang disimpan di lemari es bisa bertahan hingga 2 sampai 3 minggu.

Langkah-langkah menyimpan cabai di lemari es.

  1. Siapkan cabai, pilih cabai yang masih bagus dan yang sudah busuk. Buang cabai yang sudah busuk agar tidak menular ke cabai lainnya.
  2. Cabai tidak perlu dicuci sebelum disimpan, cukup dilap atau diangin-anginkan agar kadar air di bagian luar cabai berkurang.
  3. Masukkan cabai ke kantong kertas atau kantong plastik.
  4. Ikat rapat kantong, kemudian simpan cabai di lemari es.

Saat menyimpan cabai, usahakan agar kantong buat menyimpan cabai tidak ditumpuk dengan sayur lainnya. Menumpuk cabai dengan bahan makanan lain akan membuat cabai mudah rusak dan busuk. Jika takut cabai bertumpuk dengan bahan makanan lain, simpan cabai di toples atau kaleng bersih lalu tutup rapat.

Cabai sebenarnya bisa disimpan di suhu ruangan. Dengan catatan, simpan cabai di wadah berjaring dan beralaskan kertas atau tisu. Simpan jauh dari bahan makanan lain yang berbau menyengat. Simpan cabai di tempat yang kering dan sejuk.