Makan bisa buat suasana hati membaik dengan aturan ini

Annissa Wulan29 Okt 2018, 12:00 WIB
Ilustrasi makan

Fimela.com, Jakarta Makanan memiliki pengaruh terhadap aspek kehidupan lainnya, seperti suasana hati. Banyak orang beralih ke makan ketika mereka sedang sedih atau stres, benar?

Ternyata, makanan yang dikonsumsi memiliki pengaruh terhadap kesehatan mental. Para ahli menyarankan untuk mengonsumsi lebih banyak ikan berminyak, sayuran hijau, dan cokelat pahit, beberapa makanan yang dipercaya dapat membuat seseorang menjadi lebih tenang dan bahagia.

Tidak hanya itu, dilansir dari brit.co, Senin (29/10/2018), berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang harus dihindari untuk membuat suasana hati lebih baik.

1. Minuman diet

Aspartame, pemanis buatan di dalam minuman soda mengandung asam amino yang disebut fenilalanin. Dalam beberapa penelitian ilmiah, fenilalanin telah terbukti menghambat produksi serotonin, neurotransmitter yang menyenangkan dan mengatur suasana hati.

2. Makanan cepat saji

Minyak terhidrogenasi parsial memang dapat memperpanjang usia simpan makanan, namun mengganggu keseimbangan omega 3. Penelitian menunjukkan bahwa rendahnya kadar asam lemak dikaitkan dengan pesimisme, depresi, dan agresi.

3. Gula

Gula memang harus dikonsumsi namun dengan kadar yang benar-benar diperhatikan. Makanan ini memang bisa memberikan perubahan suasana hati, namun biasanya berlangsung dengan sangat cepat.

 

Beberapa jenis makanan yang harus dikonsumsi

Makan bisa buat suasana hati membaik dengan aturan ini
Ingin bisa mengubah suasana hati menjadi lebih baik dengan makanan? Ikuti aturan berikut ini. Sumber foto: pexels.com/Bruce Mars.

Sedangkan berikut ini adalah beberapa makanan yang harus dikonsumsi.

Jika ingin soda, cobalah gantikan keinginan tersebut dengan smoothie, seperti pisang, biji labu, yogurt, dan kakao. Beberapa makanan tersebut dapat memberikan tubuh keseimbangan lemak sehat, protein, vitamin, dan mineral untuk menjaga kadar gula darah dan suasana hati tetap stabil.

Ngemil sehat? Cobalah satu porsi atau segenggam penuh almond yang mengandung sekitar 80 mg magnesium, jenis nutrisi penting yang dapat menenangkan otak dan membantu mengurangi kecemasan.

Sedang diet? Tambahkan beberapa jenis makanan yang mengandung omega 3 atau lemak sehat, seperti salmon, tuna segar, ikan teri, biji rami, spirulina, walnut, dan sayuran hijau.

Makanan tinggi zinc, magnesium, vitamin B, C, dan asam folat, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, buncis, ubi jalar, daging merah tanpa lemak, dan sauerkraut mentah juga sangat direkomendasikan. Biasa mengonsumsi makanan apa untuk membuat suasana hati lebih baik?

Lanjutkan Membaca ↓