5 trik mempertahankan berat badan buat perempuan yang jarang olahraga

Endah Wijayanti30 Okt 2018, 15:47 WIB
mempertahankan berat badan

Fimela.com, Jakarta Ada nggak sih trik mempertahankan berat badan selain olahraga? Ya, sebenarnya memang olahraga jadi salah satu kunci utama mempertahankan berat badan. Namun, buat yang jarang olahraga, ada beberapa alternatif lain yang bisa dicoba agar berat badan bisa tetap terjaga.

Untuk menjaga kesehatan tubuh dan berat badan tetap terkontrol, ada beberapa trik dan tips yang bisa kita coba. Trik-trik ini pun cocok untuk perempuan yang sehari-harinya super sibuk sampai tak sempat untuk olahraga rutin. Selengkapnya, yuk langsung simak infonya di sini.

1. Sarapan sehat

Dikutip dari huffingtonpost.com, Brain Wansink, Ph.D., seorang peneliti Cornell menyarankan untuk sarapan dengan menu kaya protein setiap harinya. Menu telur, yogurt, dan selai kacang bisa jadi salah satu alternatifnya. Dengan mengonsumsi menu sarapan kaya protein, nafsu makan kita bakal lebih mudah dikendalikan dan tidak gampang lapar seharian. Tubuh pun bisa mendapat energi yang cukup untuk beraktivitas dengan baik.

2. Kunyah setiap makanan pelan-pelan

Otak kita butuh waktu untuk memproses sinyal kalau perut kita kenyang. Dilansir dari healthline.com, mengunyah makanan perlahan bisa membuat kita makan lebih lambat. Hal ini pun bisa membantu kita merasa lebih cepat kenyang dan tak berlebihan saat makan. Sehingga cara ini juga cukup efektif untuk mencegah naiknya berat badan.

3. Pilih camilan yang kaya serat

Kebiasaan ngemil benar-benar harus dikendalikan. Kalau selama ini kita kebanyakan ngemil yang terlalu manis atau asin, kini ganti camilan yang kaya serat. Camilan kaya serat bisa membuat kita lebih cepat kenyang dan mencegah makan berlebihan. Aneka buah segar dan kacang-kacangan bisa jadi alternatif makanan ringan saat hasrat untuk ngemil mulai muncul.

4. Ganti minuman tinggi kalori dengan air putih

Saatnya untuk mengganti minuman berpemanis dengan air putih. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa minum air putih 500 cc 30 menit sebelum makan bisa bantu menekan nafsu makan. Sehingga dapat mencegah asupan kalori berlebih. Selalu bawa botol air minum ke mana pun kita pergi, sehingga bisa kita isi air putih sewaktu-waktu kita membutuhkannya.

5. Tidur yang cukup

Kurang tidur bisa menyebabkan gangguan keseimbangan hormon leptin dan ghrelin. Apalagi kalau stres, hormon kortisol pun bisa meningkat. Gangguan hormon tersebut bisa meningkatkan nafsu makan dan membuat kita ingin mengonsumsi makanan tak sehat. Untuk itu, penting agar bisa mendapat tidur yang cukup dan berkualitas setiap harinya agar nafsu makan terkontrol dan berat badan terjaga.

Sekalipun tak bisa menjadwalkan waktu khusus untuk olahraga, kita bisa menyiasatinya dengan memperbanyak jalan kaki di sela-sela aktivitas kita sehari-hari. Selain itu, sebisa mungkin penuhi kebutuhan istirahat agar tidak gampang stres ya. Semoga infonya bermanfaat.