Untuk menjaga berat badan ideal, hindari 5 kebiasaan ini

Endah Wijayanti31 Okt 2018, 17:07 WIB
berat badan ideal

Fimela.com, Jakarta Untuk selalu bisa menjaga berat badan ideal dengan baik, harus ada usaha yang perlu kita lakukan. Apalagi kalau setiap hari kita disibukkan dengan banyak hal dan pekerjaan, menjaga kesehatan dan berat badan seringkali jadi hal yang cukup berat dilakukan.

Bila selama ini sering bingung harus mulai dari mana untuk menjaga berat badan ideal, mungkin bisa dimulai dengan mengurangi atau menghindari sejumlah kebiasaan buruk. Dengan mengurangi kebiasaan-kebiasaan buruk ini, kesehatan tubuh bisa lebih terjaga dan berat badan bisa stabil. Selengkapnya, yuk ikuti infonya di sini.

1. Ngemil setelah makan malam

Mulai dari sekarang hentikan kebiasaan ngemil setelah makan. Meski mungkin tidak mudah karena godaan untuk makan yang manis-manis setelah makan itu cukup berat, tapi coba dari sekarang ganti dengan kebiasaan yang lebih sehat. Dikutip dari webmd.com, Kathleen Zelman, MPH, RD, LD menyarankan untuk berhenti ngemil setelah makan malam. Ganti camilan dengan air putih saja.

2. Makan sambil melakukan aktvitas lain

Makan sambil nonton TV. Makan sambil ngetik di laptop. Kebiasaan seperti itu sebaiknya dihindari. Karena seringkali dengan cara itu kita jadi tak menghitung asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Tak sadar kalau sudah makan banyak karena fokus kita terpecah dengan hal lain. Kalaupun mau makan sambil menonton TV atau mengetik, batasi porsinya ya.

3. Kurang tidur

Kurang tidur bisa membuat kita terus merasa lapar. Hal ini bisa terjadi karena kurang tidur bisa memicu produksi kortisol, hormon yang ikut berperan mengatur nafsu makan. Tak hanya itu saja, kurang tidur juga bisa menyebabkan penumpukan lemak di tubuh.

4. Tidak pernah sarapan

Tubuh kita perlu sumber energi. Sistem metabolisme tubuh juga perlu diaktifkan dengan makanan. Maka dari itu, sarapan sangatlah penting. Coba pilih menu sarapan sehat dan kaya serat seperti sereal gandum utuh dan buah-buahan segar untuk menjaga berat badan ideal.

5. Makan terlalu cepat

Dikutip dari besthealthmag.com, sebuah penelitian tahun 2011 dari Journal of the American Dietetic Association menyebutkan bahwa orang yang makan terlalu cepat berisiko mengalami obesitas daripada orang yang makan dengan perlahan. Tubuh kita perlu waktu 20 menit untuk mengirim sinyal ke otak saat sudah kenyang. Jadi kalau kita makan terlalu cepat, sebelum sinyal tersebut tersampaikan, kita bakal sudah telanjur makan kebanyakan. Sehingga jumlah kalori yang masuk jadi berlebihan.

Untuk menjaga berat badan ideal, bisa dimulai dengan membangun pola makan sehat. Bisa diawali dengan mengurangi kebiasaan-kebiasaan di atas ya. Semoga infonya bermanfaat.