Sukses

Lifestyle

Cara memasak daun singkong agar tetap hijau dan tidak pahit

Fimela.com, Jakarta Memasak daun singkong sebenarnya tidak sulit. Cuma kalau salah mengolahnya, kadang rasanya jadi agak pahit dan warnanya pun tidak tampak hijau segar. Untuk memastikan agar daun singkong tidak pahit dan rasanya sedap, ada beberapa halĀ  yang perlu kita perhatikan.

Disarankan untuk memilih daun singkong yang masih muda dan segar. Daun singkong yang sudah tua pun bisa saja dikonsumsinya hanya saja hasilnya akan lebih liat dan proses perebusannya lebih lama. Berikut ini ada beberapa tips dan cara yang bisa kita pakai agar daun singkong bisa tetap hijau dan tidak pahit.

1. Daun singkong dimasukkan ketika air sudah mendidih

Dalam proses perebusannya, disarankan untuk menunggu air sampai betul-betul mendidih. Baru setelah itu daun singkong dimasukkan.

2. Panci tak perlu ditutup

Saat merebus daun singkong, tak perlu ditutup. Biarkan panci terbuka. Tujuannya untuk menjaga warna daun singkong tetap hijau segar, tidak menghitam. Ketika panci dibuka, maka uap air bisa keluar dan tidak tercampur ke dalam rebusan.

3. Tambahkan sedikit garam dalam rebusan

Untuk menetralkan rasa pahit yang mungki dimiliki daun singkong, kita bisa pakai dan tambahkan sedikti garam. Tak perlu banyak-banyak, bisa 1 sdt (atau kurang) untuk 1 liter air. Kita bisa mengaduk-aduk rebusan pakai garpu atau sendok untuk mempercepat proses pematangan. Oh iya, sebenarnya kita bisa juga menambahkan soda kue tapi risikonya bisa mempengaruhi rasa serta kandungan nutrisi sayur. Jadi, untuk amannya bisa pakai garam.

4. Peras air rebusan

Setelah daun singkong matang, bisa langsung ditiriskan lalu peras air rebusan. Ini merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk menghilangkan rasa pahit daun singkong. Setelah diperas, daun singkong pun siap diolah jadi hidangan yang kita inginkan.

Memasak dan mengolah daun singkong tidaklah terlalu rumit. Semoga dengan mengikuti tips-tips ini, kita bisa membuat olahan daging singkong yang sedap dan lezat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading