Sukses

Lifestyle

6 Manfaat Mengonsumsi Jus Seledri untuk Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Tidak banyak penggemar seledri. Apa lagi, jus seledri dengan aromanya yang kuat dan khas. Namun, jus seledri belakangan ini mulai banyak digemari kaum perempuan. 

Dilansir dari Women's Health Magazine, daun seledri kaya akan nutrisi yang bisa menyehatkan tubuh dan juga mencegah berbagai penyakit. Jus seledri, tulis Live Strong, akan memudahkanmu untuk mengonsumsi lebih banyak daun seledri tanpa harus lelah mengunyah. 

Menurut pendiri Real Nutrition Amy Shapiro, R.D., ada 6 manfaat jus seledri yang bisa sahabat Fimela dapatkan. 

Menghidrasi tubuh

Daun seledri merupakan sayuran hijau. Biasanya, dedaunan memang mengandung banyak air. Namun, batang seledri juga mengandung banyak H2O yang sangat baik untuk tubuh.

Bantu meratakan perut

Siapa yang tidak ingin memiliki perut rata? Selain diet sehat dan banyak olahraga, jus seledri ini juga bisa membantumu mengecilkan perut. Pasalnya, seledri merupakan dieuretik alami yang bisa mengeluarkan air kencing dengan lancar dan juga BAB. 

Antioksidan

Seledri kaya akan antioksidan dan anti inflamasi. Kandungan ini juga dapat membantumu merasa lebih baik pada saat kesehatan tubuh menurun. 

Menurut Shapiro, kedua nutrisi ini dapat membantu sistem kekebalan tubuh untuk memerangi penyakit atau gangguan kesehatan yang dialami.

 

Meminimalisasi efek kemoterapi

Bagi para pasien kanker yang menjalani kemoterapi, tubuhnya akan melemah lantaran efek kemoterapi yang juga membunuh sel-sel baik. Dilansir dari Hello Sehat, sebuah penelitian menunjukkan, jus seledri yang dikonsumsi bersama obat kemoterapi doxorubicin, dapat mencegah kerusakan yang diakibatan oleh obat tersebut. Namun, sebelum mengonsumsi jus seledri selama menjalani kemoterapi, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. 

Mengatasi peradangan

 

Jus seledri mengandung flavonoid yang membantu sistem imun tubuh melawan peradangan akibat radikal bebas. Radikal bebas ini akan menimbulkan efek jangka panjang yang buruk bagi kesehatan tubuh. Bahkan jika dibiarkan, radikal bebas dapat merusak DNA dan sel-sel sehat sehingga memunculkan penyakit atau gangguan kesehatan yang baru. 

Meredakan sters flavonoid

Kandungan flavonoid yang terdapat dalam jus seledri juga bisa membantu meminimalisasi efek stres oksidatif. Penah mendengar orang sakit gara-gara stres? Ya, stres jenis inilah yang dapat memunculkan berbagai penyakit kronis seperti stroke, kanker, hingga penyakit jantung koroner. Dengan flavonoid, tingkat stres dapat diminimalisasi. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading