Sukses

Lifestyle

Akan Bertemu Calon Mertua? Jangan Panik!

Saat si dia mengajak Anda untuk bertemu dengan orang tuanya, seharusnya Anda merasa lega dan senang karena hal ini menjadi salah satu indikasi keseriusannya dalam menjalin hubungan dengan Anda. Namun tetap saja, ada perasaan was-was bahkan panik, terlebih lagi jika Anda membayangkan calon mama mertua yang judes dan ingin semua tampak sempurna dari Anda.

Buang jauh anggapan itu, Anda bisa tetap tenang dan santai dengan tips berikut:

1. Tanyakan Pada si Dia Tentang Orang Tuanya

Agar Anda punya gambaran, tanyakan pada si dia bagaimana karakter kedua orang tuanya. Mulailah dari hal-hal yang kecil dan umum, apa hobi mereka, apa makanan kesukaan mereka, hal-hal apa yang paling sering mereka bicarakan. Dari informasi yang diberikan si dia, setidaknya Anda sudah punya gambaran seperti apa karakter mereka. Hal ini bisa membuat Anda lebih tenang.

2. Berpenampilan Sopan

Karakter seseorang dapat dibaca melalui pakaian yang dia kenakan. Percayalah, para orang tua lebih pintar dalam hal ini. Sebagai orang yang akan menjadi pendamping anaknya, para orang tua tentu ingin menantu yang sopan dan baik. Maka pilihan yang paling bijak adalah memakai pakaian yang nyaman dan sopan. Jika memakai rok, pastikan panjangnya minimal pas di bawah lutut. Tidak perlu memakai perhiasan, parfum dan make up berlebih.

3. Tersenyum dan Ramah

Kami tahu bahwa Anda akan gugup dan tegang saat bertemu dengan orang tua si dia, sebisa mungkin Anda tidak menunjukkan hal itu. Caranya mudah, tersenyum dan anggaplah mereka seperti orang tua Anda sendiri. Ucapkan salam, jabat tangan (atau cium tangan) mereka kemudian tersenyumlah sambil memperkenalkan diri,

"Selamat siang, om, tante! Nama saya Dinda!"

4. Jaga Sikap dan Kata-Kata

Sebagai calon orang tua, maka Anda harus menunjukkan sikap yang sopan sekaligus menghormati mereka. Tetapi ingat, tak perlu kaku. Yang harus Anda perhatikan adalah pemilihan kata dalam percakapan. Panggilan om dan tante atau bapak danĀ  ibu adalah panggilan yang paling banyak dipakai untuk menyapa calon mertua. Hati-hati, jawaban "Yup" atau "He eh" cocok untuk teman sebaya Anda, tetapi untuk calon mertua, "Iya" lebih pantas. Jaga cara duduk Anda, terutama jika Anda memutuskan memakai rok.

5. Beri Perhatian dan Jangan Mendominasi Obrolan

Para orang tua akan menilai bagaimana sikap Anda, terutama saat mereka sedang mengobrol dengan Anda. Ingat, Anda mungkin punya prestasi yang bagus, tetapi jangan pernah membuang sepuluh menit hanya untuk menceritakan prestasi dan kehebatan Anda. Jadilah pendengar yang baik dan rendah hati. Saat mereka sedang berbicara, jaga kontak mata dan jaga agar Anda tidak sibuk dengan telepon genggam dan mengabaikan mereka.

6. Jangan Pelit Memuji

Semua orang suka pujian, tetapi tidak pujian yang berlebih. Anda sangat disarankan untuk memberi beberapa pujian yang menunjukkan bahwa Anda memberi apresiasi dan perhatian pada keluarga si dia, misal:

"Rizal sering cerita kalau tante adalah ibu yang baik dan cantik, ternyata setelah saya bertemu, tante lebih baik dan lebih cantik daripada bayangan saya,"

atau

"Masakan tante enak banget, kapan-kapan saya bisa belajar masak dari tante, boleh kan, tante?"

7. Bawa Oleh-Oleh

Membawa sesuatu untuk calon mertua bisa menjadi pilihan ataupun tidak. Tujuan dari membawa oleh-oleh untuk calon mertua bisa diartikan sebagai bentuk perhatian. Tak perlu membawa barang mewah yang mahal, biasanya, oleh-oleh berupa makanan menjadi pilihan yang bijak dan tepat. Tanyakan pada si dia apa makanan atau kue kesukaan orang tuanya. Beli dalam ukuran yang wajar agar tak terkesan pamer.

8. Jadilah Diri Sendiri

Setiap orang tua menginginkan menantu perempuan yang sopan, ramah dan baik. Tiga hal itu dapat Anda pegang sebagai patokan bagaimana harus bersikap di depan calon mertua. Tapi jangan lupakan kepribadian Anda, jadilah diri sendiri. Para orang tua bisa menilai mana sikap yang tulus, mana yang pura-pura. Bersikap santai tanpa melupakan sikap sopan adalah kunci keberhasilan Anda.

Sudah siap bertemu dengan calon mertua? Silakan bagi artikel ini [fbshare]. Anda bisa memberi tips lain saat bertemu mertua, silakan bagi pendapat Anda di kolom komentar :)

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading