Sukses

Lifestyle

Cara Mencari Pekerjaan Via Internet

Internet ibaratnya seperti perpustakaan besar, koran, papan pengumuman, yang jaringannya semua digulung menjadi satu dan menghubungkan jarak terjauh sekalipun. Internet selain menjadi tempat menjalin hubungan dengan orang dekat atau orang baru, juga membantu Anda mencari pekerjaan.

Tidak sedikit sekarang perusahaan yang memanfaatkan internet untuk mencari karyawan. Selain murah dan cepat, internet juga penyedia informasi yang praktis serta tepat sasaran.

Tetapi bagaimana ya cara mencari pekerjaan via internet agar tak tertipu. Ini dia tipsnya:

Siapkan CV

Sebelum Anda mulai, siapkan terlebih dahulu CV Anda yang dikompres dalam sebuah file dengan ukuran kecil. Siapkan copy ijazah, foto, dan segala hal yang dibutuhkan untuk kelengkapan dokumen perusahaan.

Googling diri sendiri

Sebelum Anda mengirimkan CV, pastikan Anda menggugling diri sendiri demi mencari informasi tentang diri Anda. Pastikan tak ada informasi miring agar Anda terhindar dari masalah.

Update Profil

Update semua profil di internet dan rapikan semua profil tersebut. Delete semua hal-hal yang akan membuat nilai Anda berkurang, dan check kembali semua foto-foto di folder Anda.

Cari info lengkapnya

Apabila memang perusahaan yang sedang Anda tuju adalah perusahaan yang kurang terkenal namanya, maka pastikan Anda mencari informasi lebih lanjut di internet. Pelajari sejarah dan hal-hal apa saja yang pernah dialami perusahaan itu sebelum Anda bekerja di sana.

Kirim application letter

Jika Anda sudah memastikan posisi dan perusahaan yang Anda tuju memang berkualitas. Maka segera kirimkan surat lamaran Anda. Jangan menunda terlalu lama karena dunia maya tak terbatas waktu. Dan Anda bisa malah ketinggalan kalau tak terburu-buru.

Selalu check email

Setelah CV Anda kirimkan, nantikan balasan mereka via email dan pastikan email serta ponsel Anda tak pernah mati.

Semoga berhasil ya. Bersiaplah untuk panggilan wawancara Anda.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading