Sukses

Lifestyle

7 Ciri-Ciri Calon Wirausahawan Yang Sukses Dan Mandiri

Banyak orang yang mulai beralih dari pekerja kantoran, menjadi wirausahawan mandiri. Memang tak semua orang punya peluang sukses di kancah wira usaha, namun bukan berarti tidak mungkin. 

Beralih dari bekerja ikut orang menjadi seseorang yang merintis usaha sendiri memang diperlukan proses dan jatuh bangun yang tak sedikit. Kita perlu menjadi sosok yang gigih dalam merealisasikan apa yang kita inginkan. 

Seorang motivator pernah berkata bahwa, sayangnya tak semua orang mau mengejar mimpi mereka. Ada yang mencoba dan berhenti di tengah jalan. Sementara ada yang tak lelah mencoba dan tak pernah menyesali apa yang dia lakukan. 

Sama halnya dengan menjadi seorang wirausahawan, kita perlu punya mimpi dan semangat yang besar. Menurut Elite Daily, inilah ciri-ciri wirausahawan yang dekat dengan kesuksesan. 

(vem/gil)

Antusias

Mereka yang dekat dengan kesuksesan adalah orang-orang yang punya semangat dan antusiasme yang besar. Mereka sangat hidup, bright, penuh ide dan tak lelah menggali apa yang bermanfaat untuk mewujudkan impian mereka. 

Menjadi seorang entrepreneur memang datangnya dari diri sendiri. Sehingga kalau Anda belum semangat dengan ide Anda sendiri, mungkin memang belum waktunya atau bukan hal itu yang ingin Anda lakukan. 

Dalam merintis sesuatu, lebih dulu kita perlu menggeluti dan mencintai bidang yang kita tekuni. Agar kita lebih fokus dan menghasilkan dalam melakukan hal tersebut. 

Punya Tujuan

Selain semangat, hal terpenting yang harus Anda miliki adalah impian dan tujuan. Akan sulit menggapai impian tanpa tahu harus mulai dari mana, dan akan bingung mau mulai dari mana tanpa tahu apa yang ingin kita lakukan. 

Anda perlu tahu setiap kegiatan sekecil apapun yang Anda lakukan punya tujuan apa. Hal ini bisa menghindarkan diri dari kesia-siaan karena wirausahawan biasanya sangat menghargai waktu dan kesempatan. 

Bila Anda punya tujuan, kegagalan bukan menjadi hambatan karena Anda sudah tahu apa yang Anda ingin capai. Jadi ganjalan adalah pelajaran yang membuat Anda 'naik kelas'. Dan yang paling penting, bila Anda punya tujuan, Anda tak akan bingung melakukan langkah pertama, the hardest step ever to reach our dreams. 

Ketekunan Tinggi

Mereka yang dekat dengan kesuksesan adalah yang tak menyerah dan punya ketekunan tinggi. Ketekunan itu diperlukan untuk menelateni proses yang tak selamanya berjalan lancar. 

Belum lagi effort yang Anda keluarkan untuk berhasil, tentunya tak akan tercapai bila Anda mudah patah semangat atau kerap berhenti di tengah jalan. Usaha dan tekun melakukannya adalah cara melewati satu masalah. 

Kalau satu masalah saja bisa Anda hadapi dengan ketekunan, maka masalah lainnya akan menjadi anak-anak tangga yang membawa Anda pada kesuksesan. 

Bahagia

Semua orang pernah merasa jenuh dengan apa yang mereka lakukan. Tapi, apakah jenuh Anda menerus atau tidak? 

Mereka yang melakukan seusatu sesuai dengan minat dan passion tinggi, akan menjalaninya dengan bahagia. Duka duka dalam melakukan sesuatu dianggap sebagai proses yang membuat mereka dan karir mereka sama-sama tumbuh dewasa. 

Kalau kejenuhan Anda menahun, mungkin bukan itu bidang yang membuat Anda sukses. Karena sukses dimulai dair mencintai apa yang kita lakukan. Love what you do and do what you love. 

Tidak Pantang Mendengarkan

Mereka yang menggapai kesuksesan adalah orang yang mau belajar baik dari pengalaman maupun dari orang lain. Karena tak pernah ada hand book yang benar-benar membuat kita sukses. 

Kita masih harus belajar dan mendengarkan kritik serta saran dari banyak sumber. Selain itu kita juga mesti peka dalam memahami setiap aspek, misalnya antara kolega kerja, antara atasan dan bawahan dan sebagainya. 

Misalnya Anda merintis sebuah perusahaan dan tak mau mendengarkan bawahan atau rekan kerja Anda, sebuah sistem perusahaan tersebut akan mulai menjalin benang kusut yang jadi PR di masa mendatang. Jadi, jangan malas mendengarkan, melihat, memahami dan belajar. 

Bebas

Orang-orang yang sukses berwira usaha merupakan orang-orang yang bisa membuat aturannya sendiri. Dengan kata lain, mereka punya rules yang mereka jalani dan taati sendiri. Karena inilah sukses dengan cara mereka. 

Kebebasan itulah yang membuat mereka bisa bahagia, fokus dalam melakukan hal yang mereka sukai dan berhasil dengan tujuan hidup maupun karir mereka. Awalnya mereka harus ikut bekerja dengan orang lain, karena ini adalah 'modal' berupa skill dan pengetahuan dalam bekerja. 

Selanjutnya ketika merasa cukup mandiri, mereka akan membebaskan diri dari sekolah karirnya dan merintis mesin uang mereka sendiro. 

Bisa Dipercaya

Jatuh bangun dalam dunia wira usaha maupun kantoran akan mengajarkan kita pada saling menjaga komitmen kerja dan kepercayaan. Orang yang sukses tahu bagaimana caranya mempertahankan kesuksesan itu, yaitu dengan menjaga kepercayaan. 

Kepercayaan dalam hal ini bukan hanya dalam bentuk hubungan kerja, bisa juga kualitas yang ditawarkan pada konsumen. Masih banyak wirausahawan yang tidak bertahan lama karena menurunkan kepercayaan konsumen dengan mengurangi kualitas produknya. 

Nah, itulah beberapa aspek yang bisa Anda pelajari untuk menjadi sukses. Bila Anda sudah bisa menguasai semuanya, maka kesuksesan tak akan lama menjemput Anda. Good luck. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading