Pan De Muerto, Kue Khas Meksiko untuk Perayaan Hari Kematian

Fimela03 Jun 2015, 14:10 WIB
Foto: dok. Vemale

Setiap merayakan atau memperingati sesuatu, pasti ada hidangan khusus yang disiapkan. Selain itu, setiap negara juga punya tradisinya sendiri dalam setiap perayaan. Seperti tradisi dari negara Meksiko dalam merayakan hari kematian, Dia De Muertos.

Dia De Muertos adalah peringatan hari kematian seseorang dan sudah jadi bagian dari tradisi Meksiko sejak dahulu kala. Eh, tapi jangan bayangkan peringatan ini adalah peringatan yang muram dan penuh air mata. Hari Kematian sendiri merupakan hari libur terkenal yang dirayakan di negara-negara Amerika Latin, khususnya di Meksiko. Di hari libur istimewa ini, orang-orang akan merayakan kehidupan orang yang telah meninggal dunia.

Ada kepercayaan bahwa jiwa-jiwa yang telah tiada akan datang kembali untuk mengunjungi orang-orang yang mereka cintai di dunia dan dirayakan pada 1 dan 2 November. Oh ya, di hari peringatan ini, ada hidangan khusus yang disajikan namanya kue Pan De Muerto.

Pan De Muerto. | Foto: dok. Vemale

"Pan De Muerto merupakan makanan khas Meksiko. Hanya boleh dikeluarkan saat hari Dia De Muertos yang dirayakan setiap 31 Oktober. Dan makanannya Pan De Muerto dikeluarkan pada tanggal 1 dan 2 November saja," kata Chef Julio Ortega, chef asli dari Meksiko yang didatangkan langsung oleh hotel Gran Melia, saat berbincang-bincang di Restoran Gran Via, Gran Melia Kuningan, Jakarta Selatan, Senin 1 Juni 2015.

"Saya setiap merayakan Dia De Muertos pada tanggal 31 Oktober selalu mengenang kematian ibu saya. Dan tanggal 1 dan 2 November selalu menyajikan Pan De Muerto," tambahnya.

Pan De Muerto, lanjutnya, sebenarnya hanya roti biasa yang dibuat dari tepung terigu kemudian dibentuk menyerupai tubuh dan kerangka manusia, kue ini sangat mudah dan cepat untuk dibuat. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun sangat mudah didapat di Indonesia.

Wah, unik sekali ya ada kue yang dibuat khusus untuk peringatan hari kematian. Apakah Anda pernah menjumpai makanan unik lain yang dibuat untuk perayaan atau hari peringatan khusus seperti Pan De Muerto ini?



 
(vem/yun/nda)